Contoh Soal

50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 2D

50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 2D
50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 2D

50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 2D – Berikut adalah 50 contoh soal pilihan ganda untuk mata pelajaran Animasi 2D kelas 11 SMK beserta jawabannya:

1. Apa yang dimaksud dengan animasi 2D?
A. Animasi yang hanya bergerak di satu arah
B. Animasi yang melibatkan dua dimensi, panjang dan lebar
C. Animasi dengan tiga dimensi
D. Animasi yang memanfaatkan teknologi virtual reality
E. Animasi berbasis teks

Jawaban: B. Animasi yang melibatkan dua dimensi, panjang dan lebar

2. Apa yang dimaksud dengan keyframe dalam animasi 2D?
A. Titik di mana animasi dimulai
B. Titik di mana animasi berakhir
C. Gambar yang digunakan untuk merekam gerakan animasi
D. Gambar penting yang digunakan untuk menunjukkan perubahan posisi objek
E. Gambar latar belakang

Jawaban: D. Gambar penting yang digunakan untuk menunjukkan perubahan posisi objek

3. Program yang sering digunakan untuk membuat animasi 2D adalah…
A. Blender
B. Adobe Animate
C. 3ds Max
D. Autodesk Maya
E. Unity

Jawaban: B. Adobe Animate

4. Apa fungsi dari “tweening” dalam animasi 2D?
A. Membuat gambar 3D menjadi 2D
B. Menambahkan efek suara
C. Menambahkan gerakan antar keyframe
D. Mengubah kecepatan animasi
E. Menyimpan animasi dalam format video

Jawaban: C. Menambahkan gerakan antar keyframe

5. Di bawah ini yang merupakan prinsip dasar dalam animasi 2D adalah…
A. Keyframe
B. Timing
C. Rendering
D. Tweens
E. Semua jawaban benar

Jawaban: E. Semua jawaban benar

6. Apa itu “frame rate” dalam animasi 2D?
A. Jumlah gambar yang ditampilkan per detik
B. Kecepatan animasi bergerak
C. Jumlah keyframe yang digunakan
D. Durasi sebuah animasi
E. Proses menggambar karakter

Jawaban: A. Jumlah gambar yang ditampilkan per detik

7. Apa yang dimaksud dengan “looping” dalam animasi 2D?
A. Memutar ulang seluruh animasi dari awal
B. Membuat animasi berjalan terus menerus tanpa henti
C. Mengubah frame-rate
D. Menambahkan suara pada animasi
E. Mengedit gambar keyframe

Jawaban: B. Membuat animasi berjalan terus menerus tanpa henti

8. Apa yang dilakukan dengan menggunakan teknik “squash and stretch” dalam animasi?
A. Memberikan efek kekakuan pada objek
B. Menambah waktu yang dibutuhkan untuk animasi
C. Memberikan efek gerakan yang lebih alami dengan mengubah bentuk objek
D. Membuat objek terkesan lebih berat
E. Mengurangi detail pada objek

Jawaban: C. Memberikan efek gerakan yang lebih alami dengan mengubah bentuk objek

9. Apa itu “timeline” dalam animasi 2D?
A. Tempat untuk menggambar karakter
B. Area di dalam program untuk mengatur durasi dan urutan frame
C. Alat untuk merender animasi
D. Panel untuk menambahkan suara
E. Area untuk menambahkan efek visual

Jawaban: B. Area di dalam program untuk mengatur durasi dan urutan frame

10. Apa yang dimaksud dengan “onion skinning” dalam animasi?
A. Proses menggambar dengan teknik bayangan
B. Proses menggambar objek dengan detail
C. Melihat frame sebelumnya dan berikutnya untuk memudahkan pembuatan animasi
D. Proses menambahkan suara dalam animasi
E. Mengedit frame-rate animasi

Jawaban: C. Melihat frame sebelumnya dan berikutnya untuk memudahkan pembuatan animasi

11. Apa tujuan dari “anticipation” dalam animasi 2D?
A. Membuat gerakan lebih dramatis dengan menambahkan gerakan awal sebelum aksi utama
B. Mengurangi jumlah keyframe dalam animasi
C. Membuat karakter terlihat lebih realistis
D. Menambahkan efek suara yang cocok
E. Menghapus gerakan yang tidak perlu

Jawaban: A. Membuat gerakan lebih dramatis dengan menambahkan gerakan awal sebelum aksi utama

12. Teknik animasi 2D yang digunakan untuk menggambarkan gerakan secara bertahap adalah…
A. Keyframe animation
B. Stop-motion
C. Cut-out animation
D. Frame-by-frame animation
E. 3D modeling

Jawaban: D. Frame-by-frame animation

13. Apa yang dimaksud dengan “vector graphics” dalam animasi 2D?
A. Gambar yang berbasis titik dan garis yang bisa diskalakan tanpa kehilangan kualitas
B. Gambar yang berbasis pixel
C. Gambar yang digunakan untuk efek 3D
D. Gambar yang mengandung warna-warna kompleks
E. Gambar yang dihasilkan dengan teknik pencetakan

Jawaban: A. Gambar yang berbasis titik dan garis yang bisa diskalakan tanpa kehilangan kualitas

14. Dalam animasi 2D, pengaturan durasi frame sangat berpengaruh terhadap…
A. Kecepatan alur cerita
B. Pengaturan warna gambar
C. Gerakan objek dalam animasi
D. Ukuran gambar final
E. Kualitas suara

Jawaban: C. Gerakan objek dalam animasi

15. Apa yang dimaksud dengan “rigging” dalam animasi 2D?
A. Menambahkan background ke animasi
B. Menghubungkan bagian-bagian dari karakter agar bisa bergerak
C. Mengatur frame-rate
D. Menambahkan suara pada animasi
E. Mengatur pencahayaan

Jawaban: B. Menghubungkan bagian-bagian dari karakter agar bisa bergerak

16. Apa tujuan dari “follow-through” dalam animasi 2D?
A. Menghasilkan animasi dengan gerakan cepat
B. Menambahkan gerakan setelah aksi utama untuk memberikan kesan gerakan alami
C. Menghentikan gerakan setelah aksi utama
D. Menambahkan efek suara dalam animasi
E. Mengurangi detail pada objek

Jawaban: B. Menambahkan gerakan setelah aksi utama untuk memberikan kesan gerakan alami

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 7 SMP IPS Tentang Kegiatan Ekonomi

17. Teknik animasi yang menggambarkan objek dengan cara memotong dan menggerakkan bagian-bagiannya adalah…
A. Frame-by-frame animation
B. Cut-out animation
C. 3D animation
D. Motion graphics
E. Stop-motion

Jawaban: B. Cut-out animation

18. Di bawah ini adalah software untuk animasi 2D, kecuali…
A. Toon Boom Harmony
B. Pencil2D
C. OpenToonz
D. Autodesk Maya
E. Synfig Studio

Jawaban: D. Autodesk Maya

19. Teknik animasi yang menggunakan objek fisik yang dipindahkan sedikit-sedikit untuk membuat gerakan adalah…
A. Frame-by-frame animation
B. Motion graphics
C. Stop-motion
D. Cut-out animation
E. 3D animation

Jawaban: C. Stop-motion

20. Apa yang dimaksud dengan “ease in” dan “ease out” dalam animasi?
A. Teknik untuk mengubah kecepatan animasi secara halus
B. Membuat gerakan lebih cepat
C. Menambah efek suara pada animasi
D. Teknik untuk mempercepat proses rendering
E. Mengurangi durasi animasi

Jawaban: A. Teknik untuk mengubah kecepatan animasi secara halus

21. Apa fungsi dari “layers” dalam animasi 2D?
A. Untuk mengatur urutan gerakan dalam animasi
B. Untuk menambah kedalaman dan mengorganisasi elemen-elemen visual secara terpisah
C. Untuk menggambar background
D. Untuk menambahkan efek visual
E. Untuk menyimpan animasi dalam format video

Jawaban: B. Untuk menambah kedalaman dan mengorganisasi elemen-elemen visual secara terpisah

22. Apa yang dimaksud dengan “character design” dalam animasi 2D?
A. Membuat latar belakang untuk animasi
B. Membuat desain karakter yang akan digunakan dalam animasi
C. Mengatur animasi menjadi sebuah cerita
D. Membuat storyboard
E. Menambahkan suara dalam animasi

Jawaban: B. Membuat desain karakter yang akan digunakan dalam animasi

23. Teknik animasi yang menggunakan gambar yang digambar dengan tangan satu per satu adalah…
A. Computer-generated animation
B. Stop-motion animation
C. Traditional animation
D. Cut-out animation
E. 3D animation

Jawaban: C. Traditional animation

24. Apa yang dimaksud dengan “storyboard” dalam animasi 2D?
A. Gambar untuk menunjukkan latar belakang
B. Gambar yang digunakan untuk menggambarkan urutan peristiwa dalam cerita
C. Gambar yang menunjukkan gerakan karakter
D. Gambar untuk menggambarkan animasi frame-by-frame
E. Gambar yang digunakan untuk merender animasi

Jawaban: B. Gambar yang digunakan untuk menggambarkan urutan peristiwa dalam cerita

25. Animasi 2D pada umumnya dibuat dengan menggunakan teknik…
A. Grafik 3D
B. Ilustrasi 2D dan gerakan frame-by-frame
C. Motion capture
D. Teknik stop-motion
E. Teknik claymation

Jawaban: B. Ilustrasi 2D dan gerakan frame-by-frame

26. Apa yang dimaksud dengan “background” dalam animasi 2D?
A. Gambar yang menggambarkan lingkungan atau latar tempat animasi berlangsung
B. Gerakan yang dilakukan oleh karakter utama
C. Soundtrack yang menyertai animasi
D. Gambar yang menunjukkan gerakan karakter
E. Gambar karakter utama

Jawaban: A. Gambar yang menggambarkan lingkungan atau latar tempat animasi berlangsung

27. Dalam animasi 2D, “motion graphics” digunakan untuk…
A. Menghasilkan efek visual dan grafis bergerak dalam latar belakang animasi
B. Menggerakkan karakter dengan teknik keyframe
C. Menghasilkan suara dalam animasi
D. Mengatur transisi antar frame
E. Mengganti karakter utama

Jawaban: A. Menghasilkan efek visual dan grafis bergerak dalam latar belakang animasi

28. Pada animasi 2D, “shape tweening” adalah…
A. Teknik menggambar satu bentuk lalu mengubahnya menjadi bentuk lain
B. Teknik yang menggunakan bentuk 3D
C. Menambahkan suara pada objek animasi
D. Menggunakan animasi berbasis gambar statis
E. Menggunakan bentuk 2D untuk animasi karakter

Jawaban: A. Teknik menggambar satu bentuk lalu mengubahnya menjadi bentuk lain

29. Untuk mempermudah pembuatan animasi, banyak program animasi 2D menggunakan…
A. 3D rendering
B. Frame-by-frame rendering
C. Tweens dan simbol
D. Penggunaan banyak layer
E. Semua jawaban benar

Jawaban: C. Tweens dan simbol

30. Dalam animasi 2D, prinsip “timing” berfungsi untuk…
A. Mengatur urutan frame
B. Menentukan durasi gerakan objek agar terlihat realistis
C. Mengatur warna animasi
D. Mengurangi jumlah keyframe
E. Mengatur pencahayaan

Jawaban: B. Menentukan durasi gerakan objek agar terlihat realistis

31. Apa yang dimaksud dengan “cut-out animation”?
A. Teknik animasi yang menggunakan gambar-gambar yang dipotong dan dipindahkan untuk menghasilkan gerakan
B. Animasi yang menggunakan gambar 3D
C. Animasi yang memanfaatkan objek nyata
D. Animasi berbasis cerita
E. Teknik animasi menggunakan tangan kosong

Jawaban: A. Teknik animasi yang menggunakan gambar-gambar yang dipotong dan dipindahkan untuk menghasilkan gerakan

32. Apa itu “animatic” dalam pembuatan animasi 2D?
A. Gambar yang digunakan untuk membuat suara animasi
B. Proses menggambar secara langsung di komputer
C. Versi kasar dari animasi yang menunjukkan urutan dan timing
D. Proses pembuatan karakter
E. Menambahkan efek visual pada animasi

Jawaban: C. Versi kasar dari animasi yang menunjukkan urutan dan timing

33. Apa yang dimaksud dengan “flipbook” dalam animasi tradisional?
A. Buku gambar dengan animasi gerakan yang bisa dilihat dengan membalikkan halaman secara cepat
B. Buku yang berisi cerita untuk animasi
C. Alat untuk menggambar animasi 3D
D. Buku yang berisi teknik animasi dasar
E. Alat untuk mencetak animasi

Jawaban: A. Buku gambar dengan animasi gerakan yang bisa dilihat dengan membalikkan halaman secara cepat

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Perencanaan Keuangan

34. Apa yang dimaksud dengan “soundtrack” dalam animasi 2D?
A. Latar belakang gambar yang digunakan untuk animasi
B. Suara atau musik yang menyertai animasi
C. Gerakan yang dilakukan oleh karakter
D. Proses pengeditan gambar
E. Teknik pewarnaan dalam animasi

Jawaban: B. Suara atau musik yang menyertai animasi

35. Dalam animasi 2D, proses “rendering” bertujuan untuk…
A. Mengedit gerakan karakter
B. Menghasilkan animasi final dari file mentah
C. Menambah efek suara
D. Mengganti warna karakter
E. Membuat storyboard animasi

Jawaban: B. Menghasilkan animasi final dari file mentah

36. Program yang dapat digunakan untuk membuat animasi 2D dengan mudah adalah…
A. Blender
B. Adobe Animate
C. Autodesk Maya
D. 3ds Max
E. Unity

Jawaban: B. Adobe Animate

37. “Path animation” dalam animasi 2D adalah…
A. Gerakan karakter mengikuti jalur atau lintasan yang ditentukan
B. Animasi yang dilakukan dengan menggambar setiap frame
C. Animasi dengan menggunakan objek 3D
D. Gerakan objek yang bebas tanpa jalur
E. Menggunakan kamera untuk merekam gerakan animasi

Jawaban: A. Gerakan karakter mengikuti jalur atau lintasan yang ditentukan

38. Proses membuat gambar bergerak dengan tangan satu per satu dikenal dengan istilah…
A. Stop-motion
B. Frame-by-frame animation
C. Cut-out animation
D. Rotoscoping
E. 3D animation

Jawaban: B. Frame-by-frame animation

39. Apa yang dimaksud dengan “motion blur” dalam animasi 2D?
A. Efek visual yang memberikan kesan gerakan pada objek yang bergerak cepat
B. Teknik untuk menghapus background
C. Mengatur kecepatan animasi
D. Menggambar secara manual pada setiap frame
E. Menambahkan efek suara

Jawaban: A. Efek visual yang memberikan kesan gerakan pada objek yang bergerak cepat

40. Teknik animasi yang melibatkan pemotongan gambar dan pergerakan objek statis adalah…
A. Cut-out animation
B. 2D animation
C. 3D animation
D. Motion graphics
E. Stop-motion

Jawaban: A. Cut-out animation

41. Apa itu “motion capture” dalam animasi 2D?
A. Teknik untuk menangkap gerakan dunia nyata dan mengubahnya menjadi animasi
B. Menggambar gerakan objek
C. Mengedit gerakan animasi secara manual
D. Teknik untuk mengatur cahaya dalam animasi
E. Membuat efek suara dalam animasi

Jawaban: A. Teknik untuk menangkap gerakan dunia nyata dan mengubahnya menjadi animasi

42. Pada animasi 2D, istilah “vector” mengacu pada…
A. Gambar berbasis piksel yang tidak bisa diperbesar
B. Gambar berbasis garis dan bentuk matematika yang dapat diskalakan tanpa kehilangan kualitas
C. Gambar dengan tekstur yang sangat detail
D. Pengaturan warna dalam animasi
E. Proses rendering animasi

Jawaban: B. Gambar berbasis garis dan bentuk matematika yang dapat diskalakan tanpa kehilangan kualitas

43. Apa itu “keyframe interpolation” dalam animasi 2D?
A. Menambahkan suara ke setiap frame
B. Teknik yang digunakan untuk menghasilkan frame antara dua keyframe
C. Teknik untuk menggambar objek
D. Mengatur pencahayaan pada animasi
E. Mengubah background dalam animasi

Jawaban: B. Teknik yang digunakan untuk menghasilkan frame antara dua keyframe

44. Program yang digunakan untuk animasi 2D selain Adobe Animate adalah…
A. Blender
B. Toon Boom Harmony
C. Cinema 4D
D. Unity
E. Autodesk Maya

Jawaban: B. Toon Boom Harmony

45. Proses mengubah objek statis menjadi objek yang bergerak dalam animasi disebut…
A. Rotoscoping
B. Tweening
C. Rendering
D. Squash and stretch
E. Looping

Jawaban: B. Tweening

46. Dalam animasi 2D, prinsip “staging” berfungsi untuk…
A. Mengatur durasi animasi
B. Menyusun aksi agar mudah dipahami penonton
C. Menentukan warna latar belakang
D. Menambah gerakan karakter
E. Mengubah posisi kamera

Jawaban: B. Menyusun aksi agar mudah dipahami penonton

47. Apa yang dimaksud dengan “keyframe animation”?
A. Proses membuat animasi hanya dengan satu frame
B. Menentukan frame utama yang menggambarkan posisi objek penting
C. Teknik menggunakan gambar latar belakang
D. Teknik animasi berbasis suara
E. Menambahkan efek visual ke animasi

Jawaban: B. Menentukan frame utama yang menggambarkan posisi objek penting

48. Teknik dalam animasi yang membuat karakter tampak lebih hidup dengan menambahkan gerakan yang berlebihan adalah…
A. Timing
B. Squash and stretch
C. Follow-through
D. Exaggeration
E. Anticipation

Jawaban: D. Exaggeration

49. Dalam pembuatan animasi 2D, “color key” digunakan untuk…
A. Menambahkan warna pada objek bergerak
B. Menentukan warna yang digunakan dalam karakter
C. Menambahkan efek visual pada animasi
D. Membuat latar belakang animasi lebih cerah
E. Mengganti gambar latar belakang

Jawaban: B. Menentukan warna yang digunakan dalam karakter

50. Apa yang dimaksud dengan “rendering” dalam pembuatan animasi 2D?
A. Proses menggambar karakter
B. Proses menghasilkan output visual akhir dari animasi
C. Proses mengganti warna objek
D. Menambahkan efek suara
E. Mengatur pengaturan kamera

Jawaban: B. Proses menghasilkan output visual akhir dari animasi

Sekian 50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 2D, Semoga Bermanfaat. Baca Juga 50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Sistem Informasi

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *