Contoh Soal

50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 3D

50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 3D
50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 3D

50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 3D – Berikut adalah 50 contoh soal berganda untuk Kelas 11 SMK Animasi 3D beserta jawabannya:

1. Apa yang dimaksud dengan animasi 3D?
a. Animasi yang menggunakan dua dimensi
b. Animasi yang menggunakan tiga dimensi
c. Animasi yang menggunakan efek suara
d. Animasi berbasis gambar statis
e. Animasi yang hanya menggunakan gambar bergerak

Jawaban: b. Animasi yang menggunakan tiga dimensi

2. Software apa yang biasa digunakan untuk membuat animasi 3D?
a. Adobe Photoshop
b. Blender
c. Microsoft Word
d. Corel Draw
e. Notepad

Jawaban: b. Blender

3. Apa yang dimaksud dengan model dalam animasi 3D?
a. Karakter animasi yang bergerak
b. Objek atau bentuk yang dirancang dalam ruang 3D
c. Warna yang digunakan dalam animasi
d. Efek suara dalam animasi
e. Latar belakang animasi

Jawaban: b. Objek atau bentuk yang dirancang dalam ruang 3D

4. Proses membuat model tiga dimensi dalam animasi disebut:
a. Rigging
b. Texturing
c. Modelling
d. Rendering
e. Lighting

Jawaban: c. Modelling

5. Apa fungsi dari rigging dalam animasi 3D?
a. Memberikan tekstur pada objek
b. Membuat animasi objek bergerak
c. Menambahkan efek suara
d. Menyusun cerita
e. Mengatur pencahayaan

Jawaban: b. Membuat animasi objek bergerak

6. Software apa yang digunakan untuk rendering dalam animasi 3D?
a. Adobe Premiere
b. Cinema 4D
c. Microsoft Excel
d. Autodesk Maya
e. Adobe Illustrator

Jawaban: d. Autodesk Maya

7. Apa yang dimaksud dengan texturing dalam animasi 3D?
a. Memberikan warna atau permukaan pada objek 3D
b. Proses menambahkan animasi suara
c. Proses memberi cahaya pada objek
d. Proses membuat karakter
e. Proses pengaturan scene

Jawaban: a. Memberikan warna atau permukaan pada objek 3D

8. Dalam animasi 3D, proses pengaturan pencahayaan disebut:
a. Modeling
b. Lighting
c. Texturing
d. Rigging
e. Rendering

Jawaban: b. Lighting

9. Apa yang dimaksud dengan rendering dalam animasi 3D?
a. Membuat objek 3D bergerak
b. Menyusun skrip animasi
c. Proses menghasilkan gambar atau video dari model 3D
d. Mengatur warna objek
e. Membuat latar belakang

Jawaban: c. Proses menghasilkan gambar atau video dari model 3D

10. Dalam animasi 3D, apa yang dimaksud dengan keyframe?
a. Frame yang menentukan waktu animasi
b. Frame terakhir dalam animasi
c. Frame yang tidak bergerak
d. Frame yang digunakan untuk mengatur pencahayaan
e. Frame yang tidak penting

Jawaban: a. Frame yang menentukan waktu animasi

11. Animasi 3D yang terlihat realistis biasanya menggunakan teknik:
a. Flat shading
b. Ray tracing
c. Texturing
d. Toon shading
e. Motion blur

Jawaban: b. Ray tracing

12. Apa yang dimaksud dengan polygon dalam animasi 3D?
a. Objek yang memiliki bentuk segi banyak
b. Karakter utama dalam animasi
c. Bagian dari efek suara
d. Teknik dalam pembuatan video animasi
e. Bagian dari pencahayaan

Jawaban: a. Objek yang memiliki bentuk segi banyak

13. Apa yang dimaksud dengan frame rate dalam animasi 3D?
a. Jumlah frame per detik dalam animasi
b. Kecepatan pergerakan objek
c. Ukuran file video
d. Jarak antar frame
e. Waktu yang dibutuhkan untuk merender animasi

Jawaban: a. Jumlah frame per detik dalam animasi

14. Apa yang dimaksud dengan motion capture dalam animasi 3D?
a. Mengambil gambar bergerak dengan kamera
b. Teknik merekam gerakan tubuh manusia untuk animasi
c. Mengambil suara untuk animasi
d. Mencatat perubahan warna dalam animasi
e. Mencatat suara untuk latar belakang

Jawaban: b. Teknik merekam gerakan tubuh manusia untuk animasi

15. Apa fungsi dari “Skeleton” dalam rigging animasi 3D?
a. Untuk memberikan efek visual
b. Sebagai struktur kerangka yang menggerakkan objek
c. Untuk menambahkan tekstur
d. Sebagai latar belakang animasi
e. Untuk mempercepat rendering

Jawaban: b. Sebagai struktur kerangka yang menggerakkan objek

16. Apa itu keyframe interpolation dalam animasi 3D?
a. Proses menghitung pergerakan antar keyframe
b. Pengaturan warna dalam animasi
c. Proses pengaturan kamera
d. Pengaturan suara dalam animasi
e. Penambahan efek visual

Jawaban: a. Proses menghitung pergerakan antar keyframe

17. Pada animasi 3D, apa yang dimaksud dengan “viewport”?
a. Area untuk melihat dan mengedit objek 3D
b. Proses merender animasi
c. Bagian dari program untuk mengubah warna objek
d. Fitur untuk menambahkan suara
e. Bagian untuk menulis skrip animasi

Jawaban: a. Area untuk melihat dan mengedit objek 3D

18. Dalam animasi 3D, apa yang dimaksud dengan “render farm”?
a. Lokasi tempat menyimpan file animasi
b. Tempat untuk membuat model 3D
c. Sekelompok komputer yang digunakan untuk merender animasi secara paralel
d. Alat untuk menambahkan suara ke animasi
e. Proses membuat latar belakang animasi

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Keamanan Jaringan

Jawaban: c. Sekelompok komputer yang digunakan untuk merender animasi secara paralel

19. Teknik yang digunakan untuk membuat animasi 3D dengan menggunakan cahaya untuk menggambarkan efek bayangan adalah:
a. Modeling
b. Shading
c. Lighting
d. Texturing
e. Rigging

Jawaban: b. Shading

20. Apa yang dimaksud dengan animasi “walk cycle” dalam animasi 3D?
a. Siklus animasi untuk pergerakan berjalan karakter
b. Animasi untuk pergerakan terbang karakter
c. Animasi untuk pergerakan melompat karakter
d. Siklus gerakan kamera
e. Animasi untuk latar belakang

Jawaban: a. Siklus animasi untuk pergerakan berjalan karakter

21. Untuk membuat animasi dengan efek suara, biasanya digunakan software:
a. Adobe After Effects
b. Audacity
c. Microsoft PowerPoint
d. Adobe Animate
e. Blender

Jawaban: b. Audacity

22. Apa yang dimaksud dengan “parenting” dalam rigging animasi 3D?
a. Menambahkan teks ke animasi
b. Menghubungkan objek satu dengan lainnya untuk bergerak bersama
c. Menambahkan suara ke objek
d. Membuat efek visual dalam animasi
e. Membuat karakter utama

Jawaban: b. Menghubungkan objek satu dengan lainnya untuk bergerak bersama

23. Apa yang dimaksud dengan “animation curve” dalam animasi 3D?
a. Grafik yang menggambarkan perubahan posisi objek dari waktu ke waktu
b. Alur cerita dalam animasi
c. Jalur yang diikuti oleh kamera
d. Posisi akhir animasi
e. Warna yang digunakan dalam animasi

Jawaban: a. Grafik yang menggambarkan perubahan posisi objek dari waktu ke waktu

24. Dalam animasi 3D, apa itu “collision detection”?
a. Proses untuk mendeteksi interaksi antara objek
b. Teknik menambahkan efek suara
c. Proses menambahkan bayangan
d. Proses mempercepat rendering
e. Teknik pengaturan pencahayaan

Jawaban: a. Proses untuk mendeteksi interaksi antara objek

25. Apa yang dimaksud dengan “depth of field” dalam animasi 3D?
a. Efek untuk menciptakan ilusi kedalaman ruang
b. Proses pencahayaan objek
c. Pengaturan warna objek
d. Teknik pembuatan suara dalam animasi
e. Teknik menggambar latar belakang

Jawaban: a. Efek untuk menciptakan ilusi kedalaman ruang

26. Proses untuk mengubah model 3D menjadi gambar 2D untuk ditampilkan disebut:
a. Rendering
b. Shading
c. Texturing
d. Modeling
e. Rigging

Jawaban: a. Rendering

27. Apa yang dimaksud dengan “Z-Buffer” dalam rendering 3D?
a. Teknik untuk merender objek transparan
b. Sistem yang digunakan untuk menggambar objek berdasarkan kedalaman
c. Proses memberikan efek suara pada animasi
d. Teknik pengaturan tekstur
e. Proses pengeditan warna objek

Jawaban: b. Sistem yang digunakan untuk menggambar objek berdasarkan kedalaman

28. Teknik yang digunakan untuk menambahkan suara latar belakang dalam animasi adalah:
a. Foley sound
b. Ambient sound
c. Synchronization sound
d. Sound mixing
e. Voice acting

Jawaban: b. Ambient sound

29. Dalam animasi 3D, apa yang dimaksud dengan “wireframe”?
a. Model dasar objek 3D tanpa tekstur dan shading
b. Warna pada objek 3D
c. Proses menambahkan suara
d. Alat untuk menggambar karakter
e. Teknik dalam pembuatan video 3D

Jawaban: a. Model dasar objek 3D tanpa tekstur dan shading

30. Apa itu “baking” dalam animasi 3D?
a. Proses mempersiapkan animasi untuk rendering
b. Teknik membuat karakter animasi
c. Proses menambahkan suara pada animasi
d. Teknik pengaturan pencahayaan
e. Proses menambahkan detail pada objek

Jawaban: a. Proses mempersiapkan animasi untuk rendering

31. Software untuk animasi 3D yang sering digunakan oleh profesional di industri film adalah:
a. Blender
b. Autodesk Maya
c. Adobe Animate
d. CorelDRAW
e. Microsoft PowerPoint

Jawaban: b. Autodesk Maya

32. Apa yang dimaksud dengan “subdivision surface” dalam model 3D?
a. Teknik untuk meningkatkan detail permukaan model dengan pembagian lebih banyak polygon
b. Teknik untuk menambahkan warna pada objek
c. Teknik untuk merender objek
d. Teknik untuk memindahkan objek dalam animasi
e. Teknik menambahkan efek suara pada objek

Jawaban: a. Teknik untuk meningkatkan detail permukaan model dengan pembagian lebih banyak polygon

33. Teknik untuk membuat objek bergerak dengan menggunakan kontrol dari pengaturan frame disebut:
a. Animation looping
b. Keyframing
c. Model switching
d. Skinning
e. Procedural animation

Jawaban: b. Keyframing

34. Apa yang dimaksud dengan “camera animation” dalam animasi 3D?
a. Menggerakkan objek secara otomatis
b. Menambahkan efek visual
c. Menggerakkan kamera untuk mendapatkan sudut pandang yang diinginkan
d. Mengubah pencahayaan objek
e. Menambahkan tekstur ke objek

Jawaban: c. Menggerakkan kamera untuk mendapatkan sudut pandang yang diinginkan

35. Teknik dalam animasi 3D untuk membuat objek lebih halus dengan menambahkan lebih banyak titik vertikal adalah:
a. Subdividing
b. Shading
c. Texturing
d. Rigging
e. Bump mapping

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Dasar Perhotelan

Jawaban: a. Subdividing

36. Apa yang dimaksud dengan “displacement map” dalam animasi 3D?
a. Tekstur yang digunakan untuk menciptakan ilusi kedalaman
b. Teknik pengaturan cahaya
c. Teknik untuk membuat animasi lebih cepat
d. Teknik untuk menggambar latar belakang
e. Teknik menggerakkan objek

Jawaban: a. Tekstur yang digunakan untuk menciptakan ilusi kedalaman

37. Apa yang dimaksud dengan “ambient occlusion” dalam animasi 3D?
a. Teknik pencahayaan yang memberikan efek bayangan halus
b. Teknik menggambar objek
c. Teknik mengubah posisi objek
d. Teknik menambahkan suara pada objek
e. Teknik pengaturan warna

Jawaban: a. Teknik pencahayaan yang memberikan efek bayangan halus

38. Teknik dalam animasi 3D untuk mengatur pergerakan objek secara otomatis dengan algoritma disebut:
a. Motion capture
b. Procedural animation
c. Manual keyframing
d. Stop motion
e. Particle system

Jawaban: b. Procedural animation

39. Teknik animasi 3D yang digunakan untuk membuat gerakan karakter lebih realistis dengan merekam gerakan manusia nyata adalah:
a. Keyframing
b. Motion capture
c. Morphing
d. Procedural animation
e. Particle animation

Jawaban: b. Motion capture

40. Apa yang dimaksud dengan “rigging” dalam animasi 3D?
a. Proses menciptakan kerangka atau struktur pada model 3D agar bisa bergerak
b. Menambahkan tekstur pada objek
c. Menggambar latar belakang animasi
d. Mengatur pencahayaan dalam animasi
e. Proses rendering animasi

Jawaban: a. Proses menciptakan kerangka atau struktur pada model 3D agar bisa bergerak

41. Teknik untuk menggambarkan efek air atau cairan dalam animasi 3D disebut:
a. Fluid simulation
b. Rigging
c. Particle effects
d. Smoke simulation
e. Cloth simulation

Jawaban: a. Fluid simulation

42. Apa yang dimaksud dengan “shader” dalam animasi 3D?
a. Alat untuk merender objek
b. Program untuk memberi efek cahaya pada objek
c. Program untuk memodifikasi suara
d. Teknik untuk menambahkan warna pada objek
e. Teknik untuk mempercepat rendering

Jawaban: b. Program untuk memberi efek cahaya pada objek

43. Dalam animasi 3D, efek suara yang digunakan untuk meniru suara nyata seperti langkah kaki disebut:
a. Foley sound
b. Ambient sound
c. Soundtrack
d. Sound effect
e. Background noise

Jawaban: a. Foley sound

44. Apa yang dimaksud dengan “bump mapping” dalam animasi 3D?
a. Teknik untuk menambahkan tekstur pada objek
b. Teknik untuk memberikan kesan permukaan objek lebih detail tanpa menambah jumlah polygon
c. Teknik untuk menggambar latar belakang
d. Teknik untuk menggerakkan objek
e. Teknik untuk menambah suara

Jawaban: b. Teknik untuk memberikan kesan permukaan objek lebih detail tanpa menambah jumlah polygon

45. Apa yang dimaksud dengan “polygonal modeling” dalam animasi 3D?
a. Teknik untuk membuat objek dengan menggunakan segi banyak
b. Teknik menambahkan suara pada objek
c. Teknik untuk mengatur pencahayaan
d. Teknik untuk menggerakkan kamera
e. Teknik untuk menggambar karakter

Jawaban: a. Teknik untuk membuat objek dengan menggunakan segi banyak

46. Apa yang dimaksud dengan “particle system” dalam animasi 3D?
a. Sistem untuk menambahkan partikel efek seperti asap atau api
b. Teknik untuk mengatur pergerakan objek
c. Teknik untuk mengubah bentuk objek
d. Teknik untuk membuat animasi gerakan manusia
e. Teknik untuk menambah warna

Jawaban: a. Sistem untuk menambahkan partikel efek seperti asap atau api

47. Software yang digunakan untuk animasi 3D selain Blender adalah:
a. Adobe Photoshop
b. Autodesk Maya
c. CorelDraw
d. Windows Movie Maker
e. Microsoft Word

Jawaban: b. Autodesk Maya

48. Apa yang dimaksud dengan “render layer” dalam animasi 3D?
a. Teknik merender objek secara terpisah untuk pengeditan lebih lanjut
b. Teknik pengaturan pencahayaan
c. Teknik untuk menambahkan suara
d. Proses membuat gerakan objek
e. Proses menciptakan model 3D

Jawaban: a. Teknik merender objek secara terpisah untuk pengeditan lebih lanjut

49. Dalam animasi 3D, teknik yang digunakan untuk menggambarkan tekstur halus pada permukaan objek adalah:
a. Bump mapping
b. Modeling
c. Rigging
d. Particle simulation
e. Keyframing

Jawaban: a. Bump mapping

50. Apa yang dimaksud dengan “motion blur” dalam animasi 3D?
a. Efek yang memberikan kesan gerakan cepat pada objek
b. Teknik untuk mengatur pencahayaan
c. Teknik untuk menambahkan warna pada objek
d. Teknik untuk menggambar latar belakang
e. Teknik untuk mempercepat rendering

Jawaban: a. Efek yang memberikan kesan gerakan cepat pada objek

Sekian 50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 3D, Semoga Bermanfaat. Baca Juga 50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Animasi 2D

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *