50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Animasi
50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Animasi – Berikut adalah 50 contoh soal pilihan ganda untuk kelas 12 SMK Animasi beserta jawabannya:
1. Program yang sering digunakan untuk membuat animasi 2D adalah…
A. Adobe Photoshop
B. Blender
C. Adobe After Effects
D. Autodesk Maya
E. Corel Draw
Jawaban: A. Adobe Photoshop
2. Untuk membuat animasi yang lebih halus, teknik animasi yang digunakan adalah…
A. Stop Motion
B. Rotoscope
C. Tweening
D. Frame-by-frame
E. Cut-out animation
Jawaban: D. Frame-by-frame
3. Dalam animasi 3D, untuk membuat gerakan objek secara realistis, digunakan teknik…
A. Keyframe animation
B. Vector graphics
C. Inverse kinematics
D. Rotoscoping
E. Flipbook animation
Jawaban: C. Inverse kinematics
4. Yang termasuk dalam prinsip dasar animasi adalah…
A. Looping
B. Staging
C. Render
D. Layering
E. Exporting
Jawaban: B. Staging
5. Frame yang ada dalam animasi disebut juga…
A. Keyframe
B. Transition
C. Scene
D. Storyboard
E. Layer
Jawaban: A. Keyframe
6. Animasi yang digunakan untuk menciptakan efek visual dari gambar statis disebut…
A. 3D rendering
B. Motion graphics
C. Stop motion
D. Digital compositing
E. Rotoscoping
Jawaban: B. Motion graphics
7. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk animasi 3D adalah…
A. Autodesk Maya
B. Adobe Premiere Pro
C. After Effects
D. Toon Boom
E. Adobe Illustrator
Jawaban: A. Autodesk Maya
8. Teknik animasi yang menggunakan objek nyata dan dipotret setiap kali objek dipindahkan sedikit disebut…
A. Rotoscoping
B. Keyframe
C. Stop motion
D. Flipbook
E. Motion capture
Jawaban: C. Stop motion
9. Sebuah animasi yang bergerak dari kiri ke kanan disebut…
A. Horizontal movement
B. Vertical movement
C. Pivot movement
D. Linear movement
E. Rotational movement
Jawaban: A. Horizontal movement
10. Fungsi dari penggunaan layer dalam pembuatan animasi adalah…
A. Membuat animasi lebih cepat
B. Mengatur efek visual
C. Memisahkan elemen-elemen animasi
D. Mempercepat proses rendering
E. Menghasilkan video
Jawaban: C. Memisahkan elemen-elemen animasi
11. Apa yang dimaksud dengan tweening dalam animasi?
A. Membuat animasi frame per frame
B. Menggunakan gambar statis untuk membuat animasi bergerak
C. Menghubungkan dua keyframe untuk membuat transisi
D. Mengatur warna latar belakang
E. Menambahkan suara dalam animasi
Jawaban: C. Menghubungkan dua keyframe untuk membuat transisi
12. Animasi yang ditampilkan dengan cara menampilkan gambar-gambar yang dipotret secara berurutan untuk menciptakan ilusi gerakan disebut…
A. Motion capture
B. Flipbook
C. 3D animation
D. Rotoscoping
E. Stop motion
Jawaban: E. Stop motion
13. Salah satu jenis animasi yang digunakan untuk karakter animasi 3D adalah…
A. Squash and Stretch
B. Cel-shading
C. Frame-by-frame
D. Keyframe animation
E. Cut-out animation
Jawaban: D. Keyframe animation
14. Teknik pembuatan animasi yang memanfaatkan gambar vektor adalah…
A. Vector animation
B. Raster animation
C. Keyframe animation
D. Digital painting
E. Claymation
Jawaban: A. Vector animation
15. Komponen utama dalam pembuatan animasi 3D adalah…
A. Rigging dan texturing
B. Layering dan keyframe
C. Masking dan compositing
D. Drawing dan inking
E. Exporting dan rendering
Jawaban: A. Rigging dan texturing
16. Dalam animasi 2D, untuk membuat efek gerakan yang lebih halus, kita menggunakan teknik…
A. Frame per frame
B. Tweening
C. Morphing
D. Rotoscoping
E. Keyframe
Jawaban: B. Tweening
17. Fungsi dari storyboard dalam pembuatan animasi adalah…
A. Membuat gerakan objek lebih halus
B. Mengatur waktu dan urutan scene
C. Menambahkan suara
D. Mengatur kecepatan animasi
E. Menyusun gambar final
Jawaban: B. Mengatur waktu dan urutan scene
18. Teknik dalam animasi yang digunakan untuk mengubah karakter atau objek pada satu frame menjadi bentuk lain pada frame berikutnya disebut…
A. Keyframe animation
B. Morphing
C. Rotoscoping
D. Cut-out animation
E. Frame-by-frame
Jawaban: B. Morphing
19. Aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat animasi 2D adalah…
A. Blender
B. Autodesk Maya
C. Toon Boom
D. Adobe Premiere
E. Adobe Animate
Jawaban: E. Adobe Animate
20. Render dalam animasi 3D adalah proses…
A. Membuat storyboard
B. Membuat model karakter
C. Membuat gerakan objek
D. Mengubah animasi menjadi video akhir
E. Menambahkan suara dalam animasi
Jawaban: D. Mengubah animasi menjadi video akhir
21. Teknik pembuatan animasi yang menggunakan model fisik yang dipindahkan sedikit-sedikit untuk setiap gambar disebut…
A. Stop motion
B. 3D animation
C. Motion capture
D. Rotoscoping
E. Flash animation
Jawaban: A. Stop motion
22. Proses pembuatan animasi 3D meliputi tahap…
A. Modeling, rigging, animating, lighting
B. Drawing, coloring, shading, rendering
C. Keyframing, tweening, masking, compositing
D. Storyboarding, animating, rendering, coloring
E. Rotoscoping, stop-motion, compositing, rendering
Jawaban: A. Modeling, rigging, animating, lighting
23. Penggunaan teknik animasi dalam film sering melibatkan…
A. Efek visual
B. Teknik manipulasi stop motion
C. Teknik pembuatan grafis vektor
D. Pembuatan animasi berbasis timeline
E. Semua jawaban benar
Jawaban: E. Semua jawaban benar
24. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat animasi vektor adalah…
A. Adobe Animate
B. Adobe Illustrator
C. Corel Draw
D. Adobe Photoshop
E. Blender
Jawaban: A. Adobe Animate
25. Sebuah objek dalam animasi yang bergerak dengan cara yang konsisten disebut…
A. Animated object
B. Rigged object
C. Simulated object
D. Keyframed object
E. Static object
Jawaban: D. Keyframed object
26. Dalam pembuatan animasi 3D, model tiga dimensi disebut juga…
A. Render
B. Object
C. Mesh
D. Scene
E. Layer
Jawaban: C. Mesh
27. Teknik animasi yang mengubah gambar statis menjadi gambar bergerak disebut…
A. Rotoscoping
B. Stop-motion
C. Keyframe animation
D. Motion graphics
E. Motion capture
Jawaban: A. Rotoscoping
28. Salah satu program yang digunakan untuk membuat animasi 3D adalah…
A. Blender
B. Photoshop
C. Adobe After Effects
D. Sony Vegas
E. Audacity
Jawaban: A. Blender
29. Apa yang dimaksud dengan compositing dalam animasi?
A. Membuat gambar keyframe
B. Menggabungkan berbagai elemen animasi menjadi satu gambar
C. Menggambar latar belakang
D. Membuat suara animasi
E. Mewarnai gambar animasi
Jawaban: B. Menggabungkan berbagai elemen animasi menjadi satu gambar
30. Teknik animasi yang digunakan untuk menggerakkan objek dengan menggunakan perangkat sensor gerak disebut…
A. Motion capture
B. Keyframe animation
C. Stop motion
D. Digital painting
E. R
otoscoping
Jawaban: A. Motion capture
31. Pembuatan animasi 2D dapat dilakukan dengan menggunakan program seperti…
A. Adobe Illustrator
B. Toon Boom
C. Autodesk Maya
D. Adobe After Effects
E. Semua jawaban benar
Jawaban: E. Semua jawaban benar
32. Salah satu teknik yang digunakan untuk animasi pada karakter 3D disebut…
A. Rigging
B. Rotoscoping
C. Tweening
D. Frame-by-frame
E. Keyframe
Jawaban: A. Rigging
33. Istilah untuk proses pembuatan latar belakang dalam animasi disebut…
A. Compositing
B. Scene composition
C. Background painting
D. Rendering
E. Storyboarding
Jawaban: C. Background painting
34. Pada animasi komputer, proses untuk menambahkan suara dan efek suara disebut…
A. Rendering
B. Sound editing
C. Compositing
D. Post-production
E. Keyframing
Jawaban: B. Sound editing
35. Teknik animasi yang melibatkan penggunaan teknologi motion capture disebut…
A. Stop motion
B. Digital compositing
C. Rotoscoping
D. Keyframe animation
E. Performance capture
Jawaban: E. Performance capture
36. Animasi yang hanya membutuhkan satu gambar statis untuk menunjukkan gerakan disebut…
A. Motion graphics
B. Rotoscoping
C. Flipbook animation
D. Morphing
E. Keyframe animation
Jawaban: A. Motion graphics
37. Dalam animasi, teknik yang digunakan untuk mengubah posisi objek dari satu titik ke titik lain disebut…
A. Moving objects
B. Tweening
C. Keyframe animation
D. Inverse kinematics
E. Morphing
Jawaban: B. Tweening
38. Proses pembuatan animasi yang terdiri dari menggambar banyak gambar secara berurutan disebut…
A. Rotoscoping
B. Stop-motion
C. Frame-by-frame animation
D. Tweening
E. Motion capture
Jawaban: C. Frame-by-frame animation
39. Untuk membuat animasi yang tampak lebih realistis, animator sering menggunakan teknik…
A. Squash and Stretch
B. Morphing
C. Rotoscoping
D. Keyframe animation
E. Stop-motion
Jawaban: A. Squash and Stretch
40. Pada animasi 3D, efek yang menambahkan kesan cahaya dan bayangan disebut…
A. Lighting
B. Texturing
C. Rendering
D. Compositing
E. Shading
Jawaban: A. Lighting
41. Aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi 2D vector adalah…
A. Toon Boom
B. Blender
C. Adobe Animate
D. Autodesk Maya
E. CorelDRAW
Jawaban: C. Adobe Animate
42. Teknologi yang digunakan untuk merekam gerakan tubuh manusia dan mengubahnya menjadi animasi digital disebut…
A. Motion capture
B. Keyframe animation
C. Rotoscoping
D. Rendering
E. Rigging
Jawaban: A. Motion capture
43. Proses di mana animator memvisualisasikan cerita animasi dengan menggunakan serangkaian gambar atau sketsa disebut…
A. Storyboarding
B. Compositing
C. Keyframing
D. Rotoscoping
E. Rendering
Jawaban: A. Storyboarding
44. Untuk menghasilkan animasi yang realistik, teknik yang digunakan dalam animasi 3D disebut…
A. Squash and Stretch
B. Motion capture
C. Rotoscoping
D. Tweening
E. Frame-by-frame
Jawaban: B. Motion capture
45. Sebelum memulai produksi animasi, langkah pertama yang dilakukan adalah…
A. Rendering
B. Storyboarding
C. Keyframing
D. Texturing
E. Rotoscoping
Jawaban: B. Storyboarding
46. Penggunaan animasi dalam media iklan sering bertujuan untuk…
A. Menambah daya tarik
B. Mengurangi waktu
C. Menambahkan suara
D. Menampilkan produk
E. Semua jawaban benar
Jawaban: E. Semua jawaban benar
47. Dalam animasi 2D, elemen yang terdiri dari objek yang digambar oleh tangan disebut…
A. Frame
B. Keyframe
C. Scene
D. Layer
E. Cel
Jawaban: E. Cel
48. Aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi berbasis timeline adalah…
A. Adobe Animate
B. Blender
C. Photoshop
D. Toon Boom
E. CorelDRAW
Jawaban: A. Adobe Animate
49. Salah satu teknik yang digunakan untuk animasi 3D yang menghasilkan gambar yang sangat detail dan realistis adalah…
A. Ray tracing
B. Stop motion
C. Rotoscoping
D. Morphing
E. Keyframe animation
Jawaban: A. Ray tracing
50. Teknik animasi yang melibatkan perubahan objek secara bertahap disebut…
A. Tweening
B. Keyframe animation
C. Rotoscoping
D. Motion capture
E. Morphing
Jawaban: E. Morphing
Sekian 50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Animasi, Semoga Bermanfaat. Baca Juga