Contoh Soal

50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Desain Aplikasi Mobile

50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Desain Aplikasi Mobile
50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Desain Aplikasi Mobile

50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Desain Aplikasi Mobile – Berikut adalah 50 contoh soal berganda untuk mata pelajaran Desain Aplikasi Mobile Kelas 12 SMK beserta jawabannya:

1. Apa yang dimaksud dengan wireframe dalam desain aplikasi mobile?
a. Gambaran visual tentang struktur aplikasi
b. Bahasa pemrograman untuk aplikasi mobile
c. Database aplikasi mobile
d. Tampilan aplikasi yang sudah jadi
e. Sistem operasi untuk aplikasi mobile
Jawaban: a

2. Manakah yang merupakan prinsip dasar desain antarmuka pengguna (UI) yang baik?
a. Konsistensi dan kejelasan
b. Kompleksitas visual
c. Penggunaan warna yang mencolok
d. Mengutamakan estetika
e. Penggunaan font kecil
Jawaban: a

3. Pada desain aplikasi mobile, apa tujuan dari penggunaan prinsip responsivitas?
a. Agar aplikasi terlihat lebih menarik
b. Agar aplikasi dapat menyesuaikan tampilan pada berbagai ukuran layar
c. Agar aplikasi berjalan lebih cepat
d. Agar aplikasi lebih interaktif
e. Agar aplikasi dapat mendeteksi lokasi pengguna
Jawaban: b

4. Apakah yang dimaksud dengan “user experience” (UX)?
a. Pengalaman pengguna saat pertama kali membuka aplikasi
b. Proses perancangan aplikasi
c. Pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan aplikasi
d. Kecepatan aplikasi
e. Tampilan aplikasi
Jawaban: c

5. Apa yang dimaksud dengan prototyping dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Proses membuat aplikasi secara langsung
b. Menyusun fitur yang akan dimasukkan dalam aplikasi
c. Membuat versi awal aplikasi untuk diuji coba
d. Menyusun kode untuk aplikasi
e. Menentukan harga aplikasi
Jawaban: c

6. Dalam desain aplikasi mobile, apa yang dimaksud dengan “responsive design”?
a. Desain aplikasi yang hanya dapat digunakan di satu perangkat
b. Desain yang menyesuaikan tampilan aplikasi dengan berbagai ukuran layar perangkat
c. Desain yang mengutamakan kecepatan
d. Desain aplikasi yang mahal
e. Desain aplikasi yang hanya dapat digunakan di komputer
Jawaban: b

7. Apa tujuan utama dari pengujian usability pada aplikasi mobile?
a. Menentukan harga aplikasi
b. Mengidentifikasi bug dalam aplikasi
c. Mengukur seberapa mudah aplikasi digunakan oleh pengguna
d. Meningkatkan kecepatan aplikasi
e. Mengurangi ukuran file aplikasi
Jawaban: c

8. Manakah yang termasuk dalam elemen utama desain UI pada aplikasi mobile?
a. Button, layout, dan navigasi
b. Database, server, dan API
c. Kode sumber dan kompilasi
d. Penggunaan cloud dan penyimpanan
e. Kecepatan proses
Jawaban: a

9. Apa keuntungan menggunakan desain material dalam aplikasi mobile?
a. Menambahkan elemen animasi yang menarik
b. Menjamin aplikasi kompatibel di semua perangkat
c. Memberikan antarmuka yang konsisten dan intuitif
d. Mengurangi penggunaan warna
e. Menghindari penggunaan gambar
Jawaban: c

10. Apa itu desain minimalis dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Desain yang menggunakan banyak gambar
b. Desain yang menggunakan sedikit elemen dan fokus pada fungsi
c. Desain dengan banyak teks dan informasi
d. Desain yang hanya mengutamakan estetika
e. Desain yang tidak menggunakan warna
Jawaban: b

11. Platform manakah yang digunakan untuk membuat aplikasi Android?
a. Xcode
b. Android Studio
c. Swift
d. Unity
e. Kotlin
Jawaban: b

12. Apa perbedaan antara Native App dan Web App?
a. Native App hanya dapat dijalankan di perangkat tertentu, sedangkan Web App diakses melalui browser
b. Native App lebih cepat daripada Web App
c. Web App lebih aman daripada Native App
d. Native App lebih murah dibuat daripada Web App
e. Web App hanya untuk desktop
Jawaban: a

13. Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh UI pattern dalam desain aplikasi mobile?
a. Button toggle
b. Cache memory
c. Bluetooth
d. GPS
e. API
Jawaban: a

14. Apa itu “onboarding” dalam aplikasi mobile?
a. Proses pendaftaran akun pengguna
b. Proses pengenalan aplikasi kepada pengguna baru
c. Pengaturan pengujian aplikasi
d. Proses update aplikasi
e. Proses pencarian bug dalam aplikasi
Jawaban: b

15. Apa manfaat utama dari penggunaan push notifications dalam aplikasi mobile?
a. Mengurangi ukuran aplikasi
b. Memberikan informasi secara langsung kepada pengguna
c. Menghemat daya baterai perangkat
d. Meningkatkan waktu loading aplikasi
e. Membuat aplikasi lebih aman
Jawaban: b

16. Manakah dari berikut ini yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile berbasis iOS?
a. Visual Studio
b. Android Studio
c. Xcode
d. Kotlin
e. Flutter
Jawaban: c

17. Mengapa penting untuk memperhatikan kecepatan loading aplikasi?
a. Agar aplikasi dapat berjalan tanpa bug
b. Agar pengguna tidak meninggalkan aplikasi karena menunggu terlalu lama
c. Agar aplikasi dapat diunduh lebih cepat
d. Agar aplikasi lebih hemat ruang penyimpanan
e. Agar aplikasi dapat lebih interaktif
Jawaban: b

18. Apa fungsi dari API dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Menghubungkan aplikasi dengan layanan eksternal atau database
b. Menyimpan data aplikasi
c. Mengatur tampilan antarmuka
d. Menentukan warna aplikasi
e. Mengoptimalkan proses animasi
Jawaban: a

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Dasar Teknologi Informasi

19. Apa yang dimaksud dengan “mobile-first design”?
a. Mendesain aplikasi mobile dengan mempertimbangkan pengguna desktop
b. Mendesain aplikasi untuk perangkat mobile terlebih dahulu sebelum perangkat lainnya
c. Mendesain aplikasi hanya untuk perangkat Android
d. Mendesain aplikasi tanpa menggunakan UI
e. Mendesain aplikasi untuk perangkat desktop
Jawaban: b

20. Apa yang harus diperhatikan saat mendesain aplikasi untuk perangkat dengan layar kecil?
a. Menghindari penggunaan gambar
b. Mengoptimalkan ukuran teks dan elemen agar mudah dibaca
c. Mengurangi penggunaan tombol
d. Menggunakan warna gelap
e. Mengurangi interaktivitas aplikasi
Jawaban: b

21. Apa itu “cross-platform” dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Aplikasi yang hanya dapat berjalan di satu sistem operasi
b. Aplikasi yang dapat dijalankan di beberapa sistem operasi dengan satu basis kode
c. Aplikasi berbasis web yang dapat diakses di berbagai perangkat
d. Aplikasi yang hanya dapat diakses melalui perangkat desktop
e. Aplikasi yang menggunakan teknologi blockchain
Jawaban: b

22. Apa itu “dark mode” dalam desain aplikasi mobile?
a. Mode untuk menghemat baterai perangkat
b. Tampilan antarmuka dengan latar belakang gelap dan teks terang
c. Mode untuk mengoptimalkan tampilan gambar
d. Mode untuk meningkatkan kecepatan aplikasi
e. Mode untuk menyembunyikan informasi pribadi pengguna
Jawaban: b

23. Manakah dari berikut ini yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi mobile?
a. Mengurangi ukuran file dan optimalkan gambar
b. Menambahkan banyak animasi
c. Menggunakan banyak gambar berukuran besar
d. Menggunakan banyak plugin eksternal
e. Menambah fitur tanpa pengujian
Jawaban: a

24. Apa yang dimaksud dengan “app icon” dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Ikon aplikasi yang digunakan pada layar utama perangkat
b. Tombol untuk masuk ke aplikasi
c. Pengaturan aplikasi
d. Teks yang digunakan dalam aplikasi
e. Database aplikasi
Jawaban: a

25. Manakah yang termasuk dalam langkah-langkah desain antarmuka pengguna (UI)?
a. Penentuan warna dan layout aplikasi
b. Menentukan jenis font untuk aplikasi
c. Meningkatkan fitur aplikasi
d. Penentuan harga aplikasi
e. Semua benar
Jawaban: e

26. Apa tujuan dari pengujian beta dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Untuk meningkatkan harga aplikasi
b. Untuk menguji aplikasi dengan pengguna nyata sebelum peluncuran
c. Untuk mendesain antarmuka pengguna
d. Untuk memperbaiki database aplikasi
e. Untuk menambah fitur aplikasi
Jawaban: b

27. Apa yang dimaksud dengan “app store optimization” (ASO)?
a. Proses menambahkan fitur pada aplikasi
b. Optimisasi aplikasi agar lebih mudah ditemukan di toko aplikasi
c. Menambah biaya aplikasi
d. Menentukan warna aplikasi
e. Membuat aplikasi berjalan lebih cepat
Jawaban: b

28. Apa yang dimaksud dengan “deep linking” dalam aplikasi mobile?
a. Menghubungkan pengguna langsung ke halaman atau bagian tertentu dalam aplikasi
b. Menambah ukuran file aplikasi
c. Menghubungkan aplikasi dengan database eksternal
d. Menghapus data aplikasi
e. Menyimpan data aplikasi secara otomatis
Jawaban: a

29. Manakah yang merupakan alat desain untuk aplikasi mobile yang mendukung prototyping?
a. Figma
b. Visual Studio
c. Xcode
d. Android Studio
e. Flutter
Jawaban: a

30. Apa itu “API integration” dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Menghubungkan aplikasi dengan berbagai layanan dan sistem eksternal
b. Menyimpan data aplikasi
c. Mengatur tampilan antarmuka aplikasi
d. Menguji keamanan aplikasi
e. Mengoptimalkan kecepatan aplikasi
Jawaban: a

31. Apa itu “Material Design” dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Framework untuk pengembangan aplikasi berbasis iOS
b. Prinsip desain dari Google untuk menciptakan pengalaman pengguna yang konsisten
c. Teknologi untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat
d. Metode untuk mengoptimalkan gambar
e. Metode untuk mengurangi ukuran aplikasi
Jawaban: b

32. Apa itu “progressive web app” (PWA)?
a. Aplikasi web yang dapat diunduh dan diinstal seperti aplikasi native
b. Aplikasi web yang hanya dapat diakses di desktop
c. Aplikasi yang menggunakan banyak animasi
d. Aplikasi berbasis VR
e. Aplikasi yang memerlukan koneksi internet untuk bekerja
Jawaban: a

33. Apa yang dimaksud dengan “caching” dalam aplikasi mobile?
a. Proses menyimpan data sementara agar aplikasi berjalan lebih cepat
b. Proses memperbesar ukuran file aplikasi
c. Proses mendownload aplikasi
d. Proses menghapus data pengguna
e. Proses membuat aplikasi lebih interaktif
Jawaban: a

34. Apakah tujuan dari desain animasi dalam aplikasi mobile?
a. Agar aplikasi lebih interaktif dan menarik
b. Agar aplikasi dapat berjalan lebih cepat
c. Agar aplikasi lebih aman
d. Agar aplikasi lebih murah untuk dikembangkan
e. Agar aplikasi tidak membutuhkan internet
Jawaban: a

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Pengelolaan Laporan Keuangan

35. Apa itu “push notification” dalam aplikasi mobile?
a. Pesan yang dikirimkan kepada pengguna untuk memberi tahu pembaruan atau informasi penting
b. Fitur untuk mengurangi ukuran aplikasi
c. Fitur untuk menyimpan data pengguna
d. Fitur untuk mengatur pengujian aplikasi
e. Fitur untuk mempercepat loading aplikasi
Jawaban: a

36. Apa itu “app monetization”?
a. Proses mengatur UI aplikasi
b. Proses menghasilkan uang dari aplikasi
c. Proses membuat aplikasi lebih cepat
d. Proses menghubungkan aplikasi dengan layanan eksternal
e. Proses membuat aplikasi menjadi gratis
Jawaban: b

37. Manakah dari berikut ini yang digunakan untuk mendesain aplikasi Android?
a. Swift
b. Kotlin
c. Xcode
d. Flutter
e. React Native
Jawaban: b

38. Apa itu “adaptive design” dalam aplikasi mobile?
a. Desain aplikasi yang dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar perangkat
b. Desain yang hanya berfungsi di perangkat dengan layar besar
c. Desain yang mengoptimalkan gambar
d. Desain yang lebih fokus pada kecepatan
e. Desain untuk aplikasi berbasis web
Jawaban: a

39. Apa keuntungan utama menggunakan aplikasi mobile berbasis cloud?
a. Dapat diakses dari berbagai perangkat
b. Lebih murah untuk dikembangkan
c. Tidak memerlukan internet
d. Dapat berjalan lebih cepat
e. Memerlukan penyimpanan lokal
Jawaban: a

40. Apa itu “mobile analytics”?
a. Proses mengumpulkan data untuk meningkatkan pengalaman pengguna
b. Proses menambah fitur baru dalam aplikasi
c. Proses mendesain antarmuka aplikasi
d. Proses memperbaiki bug dalam aplikasi
e. Proses menambah ukuran aplikasi
Jawaban: a

41. Apa yang dimaksud dengan “user persona” dalam desain aplikasi mobile?
a. Pengguna aplikasi yang paling aktif
b. Karakter fiktif yang mewakili pengguna target aplikasi
c. Pengguna yang memberikan feedback terhadap aplikasi
d. Pengguna yang mengunduh aplikasi pertama kali
e. Pengguna yang membayar aplikasi
Jawaban: b

42. Bagaimana cara meningkatkan pengalaman pengguna (UX) dalam aplikasi mobile?
a. Memastikan aplikasi mudah digunakan, cepat, dan intuitif
b. Menambah banyak fitur dalam aplikasi
c. Mengurangi ukuran aplikasi sebanyak mungkin
d. Menggunakan font kecil agar lebih efisien
e. Menghilangkan animasi dan efek visual
Jawaban: a

43. Apa itu “backend” dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Bagian aplikasi yang bertanggung jawab untuk antarmuka pengguna
b. Sistem yang menjalankan aplikasi dan mengelola data
c. Bagian aplikasi yang berhubungan dengan pengujian
d. Bagian aplikasi yang membuat aplikasi lebih cepat
e. Bagian aplikasi yang digunakan untuk desain grafis
Jawaban: b

44. Apa fungsi dari fitur “geolocation” dalam aplikasi mobile?
a. Menentukan lokasi pengguna dan memberikan layanan berbasis lokasi
b. Mengoptimalkan kecepatan aplikasi
c. Mengurangi ukuran aplikasi
d. Membuat aplikasi lebih aman
e. Menyimpan data pengguna secara otomatis
Jawaban: a

45. Apa itu “version control” dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Sistem yang digunakan untuk melacak perubahan kode aplikasi
b. Sistem untuk menambah fitur baru dalam aplikasi
c. Sistem untuk membuat desain aplikasi
d. Sistem untuk memperbaiki bug dalam aplikasi
e. Sistem untuk menguji aplikasi
Jawaban: a

46. Manakah yang merupakan alat desain untuk aplikasi mobile yang berbasis vector?
a. Figma
b. Sketch
c. Adobe XD
d. Illustrator
e. Semua benar
Jawaban: e

47. Apa itu “user flow” dalam desain aplikasi mobile?
a. Proses pendaftaran pengguna aplikasi
b. Alur yang menggambarkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi
c. Alur untuk mengoptimalkan gambar
d. Proses menghubungkan aplikasi dengan database
e. Proses menambahkan fitur baru dalam aplikasi
Jawaban: b

48. Apa itu “API key” dalam pengembangan aplikasi mobile?
a. Kode untuk mengakses dan mengidentifikasi aplikasi terhadap API eksternal
b. Kode untuk membuka aplikasi
c. Kode untuk menyimpan data pengguna
d. Kode untuk mempercepat proses aplikasi
e. Kode untuk mengatur UI aplikasi
Jawaban: a

49. Apa itu “mobile app lifecycle”?
a. Proses pembuatan aplikasi dari awal hingga peluncuran
b. Proses membuat aplikasi lebih cepat
c. Proses mengembangkan aplikasi hanya untuk iOS
d. Proses menghapus bug dalam aplikasi
e. Proses meningkatkan visual aplikasi
Jawaban: a

50. Apa itu “user-centered design”?
a. Desain yang fokus pada kebutuhan dan keinginan pengguna
b. Desain yang hanya memperhatikan estetika
c. Desain yang fokus pada pengurangan ukuran aplikasi
d. Desain yang lebih menekankan pada backend
e. Desain yang hanya berfokus pada penggunaan teknologi terbaru
Jawaban: a

Sekian 50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Desain Aplikasi Mobile, Semoga Bermanfaat. Baca Juga 50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Sistem Komputer

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *