50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Rekayasa Perangkat Lunak
50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Rekayasa Perangkat Lunak – Berikut adalah 50 contoh soal pilihan ganda untuk kelas 12 SMK Rekayasa Perangkat Lunak, beserta jawabannya:
1. Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak sistem?
a. Program yang digunakan untuk memanipulasi data
b. Program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi
c. Program yang digunakan untuk mengelola hardware dan software
d. Program yang digunakan untuk mendesain aplikasi
e. Program yang digunakan untuk memanipulasi grafik
Jawaban: c. Program yang digunakan untuk mengelola hardware dan software
2. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi web dinamis adalah…
a. Python
b. Java
c. PHP
d. C++
e. JavaScript
Jawaban: c. PHP
3. Apa yang dimaksud dengan algoritma dalam pemrograman?
a. Langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah
b. Himpunan data yang diolah dalam program
c. Struktur penyimpanan data dalam memori
d. Proses pembuatan antarmuka pengguna
e. Sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan program
Jawaban: a. Langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah
4. Komponen utama dalam pengembangan aplikasi berbasis client-server adalah…
a. Server
b. Database
c. Web browser
d. Client
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
5. Software yang digunakan untuk menulis kode program adalah…
a. Kompiler
b. IDE (Integrated Development Environment)
c. Sistem operasi
d. Database
e. Web server
Jawaban: b. IDE (Integrated Development Environment)
6. Dalam pemrograman berorientasi objek, konsep enkapsulasi digunakan untuk…
a. Menggabungkan objek yang terkait
b. Menyembunyikan implementasi objek
c. Menghubungkan objek dengan objek lain
d. Membuat objek lebih mudah digunakan
e. Menghitung jumlah objek
Jawaban: b. Menyembunyikan implementasi objek
7. Apa yang dimaksud dengan debug dalam pemrograman?
a. Proses memperbaiki bug dalam program
b. Menulis kode program
c. Mengompilasi kode program
d. Menyimpan hasil program
e. Menjalankan program tanpa error
Jawaban: a. Proses memperbaiki bug dalam program
8. Perintah yang digunakan untuk membuat variabel dalam bahasa pemrograman Python adalah…
a. let
b. var
c. int
d. def
e. assignment operator (=)
Jawaban: e. assignment operator (=)
9. Apa itu IDE (Integrated Development Environment)?
a. Alat untuk mendesain antarmuka pengguna
b. Alat yang menggabungkan editor kode, debugger, dan kompilator dalam satu aplikasi
c. Sistem operasi untuk menjalankan kode
d. Program untuk mengonversi kode menjadi aplikasi
e. Alat untuk mengelola database
Jawaban: b. Alat yang menggabungkan editor kode, debugger, dan kompilator dalam satu aplikasi
10. Dalam pengembangan perangkat lunak, metode pengujian unit digunakan untuk…
a. Menguji fungsionalitas aplikasi secara keseluruhan
b. Menguji kinerja aplikasi di lingkungan yang berbeda
c. Menguji setiap bagian kode program secara terpisah
d. Menguji antarmuka pengguna
e. Menguji interaksi antara pengguna dan aplikasi
Jawaban: c. Menguji setiap bagian kode program secara terpisah
11. Perintah untuk mendeklarasikan variabel integer dalam bahasa C++ adalah…
a. int var;
b. var int;
c. integer var;
d. integer;
e. set var;
Jawaban: a. int var;
12. Software yang digunakan untuk mengelola database adalah…
a. Microsoft Word
b. MySQL
c. Adobe Photoshop
d. Visual Studio
e. GitHub
Jawaban: b. MySQL
13. Fungsi dari `return` dalam bahasa pemrograman adalah…
a. Menghentikan program
b. Mengembalikan nilai dari fungsi
c. Mencetak hasil program
d. Menyimpan data ke dalam database
e. Menyimpan nilai variabel
Jawaban: b. Mengembalikan nilai dari fungsi
14. Framework yang populer untuk pengembangan aplikasi web di PHP adalah…
a. Django
b. Angular
c. Laravel
d. React
e. Vue.js
Jawaban: c. Laravel
15. Dalam pemrograman berorientasi objek, pewarisan digunakan untuk…
a. Membuat objek baru
b. Membagi objek menjadi sub-objek
c. Mengambil atribut dari objek lain
d. Menyembunyikan implementasi objek
e. Mengubah data objek
Jawaban: c. Mengambil atribut dari objek lain
16. Dalam pengembangan perangkat lunak, SDLC adalah singkatan dari…
a. Software Design Life Cycle
b. Software Development Life Cycle
c. System Development Life Cycle
d. Software Delivery Life Cycle
e. System Design Life Cycle
Jawaban: b. Software Development Life Cycle
17. Apa yang dimaksud dengan Git dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Sistem manajemen database
b. Sistem kontrol versi
c. Bahasa pemrograman
d. Alat desain grafis
e. Kompiler
Jawaban: b. Sistem kontrol versi
18. Program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Java adalah…
a. JDK (Java Development Kit)
b. JRE (Java Runtime Environment)
c. JVM (Java Virtual Machine)
d. IDE
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
19. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile Android adalah…
a. Python
b. Java
c. Swift
d. C#
e. Kotlin
Jawaban: b. Java
20. Salah satu cara untuk mengoptimalkan performa aplikasi adalah dengan menggunakan…
a. Multithreading
b. Database relasional
c. Sistem operasi baru
d. Web server baru
e. Pengujian fungsional
Jawaban: a. Multithreading
21. Apa yang dimaksud dengan API (Application Programming Interface)?
a. Antarmuka pengguna aplikasi
b. Kode untuk mengelola database
c. Kumpulan aturan yang memungkinkan perangkat lunak untuk berinteraksi dengan perangkat lunak lain
d. Alat untuk mendebug program
e. Proses mengompilasi kode
Jawaban: c. Kumpulan aturan yang memungkinkan perangkat lunak untuk berinteraksi dengan perangkat lunak lain
22. Aplikasi yang digunakan untuk desain antarmuka grafis adalah…
a. Photoshop
b. Adobe XD
c. Visual Studio
d. Sublime Text
e. Git
Jawaban: b. Adobe XD
23. Salah satu contoh tipe data primitif dalam bahasa pemrograman C++ adalah…
a. String
b. Integer
c. Array
d. Class
e. Object
Jawaban: b. Integer
24. Fungsi dari `if` dalam pemrograman adalah…
a. Menyusun ulang data
b. Menyimpan data dalam variabel
c. Mengatur urutan eksekusi kode berdasarkan kondisi tertentu
d. Mencetak output
e. Menghentikan program
Jawaban: c. Mengatur urutan eksekusi kode berdasarkan kondisi tertentu
25. Apa yang dimaksud dengan variabel dalam pemrograman?
a. Lokasi penyimpanan sementara untuk data
b. Kode untuk mencetak output
c. Nama untuk menyimpan nilai data dalam program
d. Proses pengolahan data
e. Semua jawaban benar
Jawaban: c. Nama untuk menyimpan nilai data dalam program
26. Sistem operasi yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak berbasis Linux adalah…
a. Ubuntu
b. Windows
c. Mac OS
d. Android
e. Chrome OS
Jawaban: a. Ubuntu
27. Manakah yang termasuk dalam prinsip pengembangan perangkat lunak yang baik?
a. Mengabaikan pengujian
b. Tidak mempedulikan dokumentasi
c. Menulis kode yang mudah dipahami
d. Menghindari penggunaan algoritma efisien
e. Menggunakan kode yang tidak terstruktur
Jawaban: c. Menulis kode yang mudah dipahami
28. Fungsi dari `else` dalam struktur percabangan adalah…
a. Menentukan aksi jika kondisi sebelumnya tidak terpenuhi
b. Menyusun data
c. Menyimpan data
d. Membaca input pengguna
e. Menghentikan program
Jawaban: a. Menentukan aksi jika kondisi sebelumnya tidak terpenuhi
29. Salah satu contoh bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis web adalah…
a. Python
b. HTML
c. Ruby
d. Java
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
30. Apa yang dimaksud dengan ORM (Object-Relational Mapping) dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Teknik untuk menghubungkan objek dalam kode dengan tabel dalam database
b. Sistem untuk mengeksekusi query SQL secara otomatis
c. Framework untuk membuat aplikasi web
d. Alat untuk mendesain antarmuka pengguna
e. Sistem untuk mengelola file dalam aplikasi
Jawaban: a. Teknik untuk menghubungkan objek dalam kode dengan tabel dalam database
31. Apa yang dimaksud dengan framework dalam pemrograman?
a. Kode yang menyediakan struktur dasar untuk aplikasi
b. Alat untuk mengelola data
c. Sistem operasi untuk aplikasi
d. Bahasa pemrograman
e. Kumpulan pustaka kode yang digunakan dalam aplikasi
Jawaban: a. Kode yang menyediakan struktur dasar untuk aplikasi
32. Di bawah ini adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan teks dalam pemrograman, kecuali…
a. String
b. Char
c. Boolean
d. Text
e. VarChar
Jawaban: c. Boolean
33. Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh penggunaan database dalam aplikasi?
a. Menyimpan data pengguna
b. Menyimpan kode program
c. Menyimpan desain grafis
d. Menyimpan konfigurasi sistem
e. Menyimpan hasil pengujian
Jawaban: a. Menyimpan data pengguna
34. Apa itu `while loop` dalam pemrograman?
a. Menyusun data dalam array
b. Mengulangi perintah tertentu selama kondisi terpenuhi
c. Menyimpan data dalam database
d. Membaca data dari pengguna
e. Menampilkan output di layar
Jawaban: b. Mengulangi perintah tertentu selama kondisi terpenuhi
35. Dalam pemrograman C++, tipe data untuk menyimpan nilai bilangan desimal adalah…
a. Integer
b. Double
c. Char
d. String
e. Array
Jawaban: b. Double
36. Perintah untuk mengambil input dari pengguna dalam bahasa Python adalah…
a. input()
b. read()
c. scanf()
d. prompt()
e. get()
Jawaban: a. input()
37. Manakah yang merupakan bagian dari siklus hidup perangkat lunak?
a. Desain
b. Pengujian
c. Pemeliharaan
d. Pengembangan
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
38. Teknik untuk mengoptimalkan performa aplikasi dengan membagi tugas menjadi thread-thread terpisah disebut…
a. Multithreading
b. Parallelism
c. Asynchronous programming
d. Threading
e. Debugging
Jawaban: a. Multithreading
39. Manakah yang merupakan bentuk pengolahan data dalam pemrograman?
a. Input
b. Proses
c. Output
d. Penyimpanan
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
40. Penggunaan teknik kompresi dalam pengolahan data bertujuan untuk…
a. Mengurangi ukuran data
b. Meningkatkan kecepatan proses
c. Mempercepat pengiriman data
d. Meningkatkan kualitas data
e. Semua jawaban benar
Jawaban: a. Mengurangi ukuran data
41. Apa yang dimaksud dengan cloud computing dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Penggunaan server lokal untuk aplikasi
b. Penyimpanan dan pengolahan data di server yang terhubung dengan internet
c. Penggunaan aplikasi berbasis desktop
d. Pengolahan data secara offline
e. Penyimpanan data dalam hard drive
Jawaban: b. Penyimpanan dan pengolahan data di server yang terhubung dengan internet
42. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi iOS adalah…
a. Kotlin
b. Swift
c. Java
d. C#
e. Python
Jawaban: b. Swift
43. Salah satu tipe data yang digunakan dalam pemrograman untuk menampung nilai benar atau salah adalah…
a. Integer
b. String
c. Char
d. Boolean
e. Array
Jawaban: d. Boolean
44. Proses mengkonversi kode sumber menjadi file yang dapat dieksekusi disebut…
a. Debugging
b. Kompilasi
c. Pengujian
d. Deployment
e. Eksekusi
Jawaban: b. Kompilasi
45. Apa yang dimaksud dengan `try-catch` dalam pemrograman?
a. Untuk menangani error atau exception
b. Untuk membaca data dari pengguna
c. Untuk mengeksekusi kode berdasarkan kondisi
d. Untuk menyimpan data ke dalam file
e. Untuk menampilkan output
Jawaban: a. Untuk menangani error atau exception
46. Untuk membuat program yang dapat berjalan pada banyak platform, sebaiknya menggunakan…
a. Sistem operasi yang sama
b. Bahasa pemrograman yang bersifat cross-platform
c. Bahasa pemrograman berbasis web
d. Kompiler khusus
e. Semua jawaban benar
Jawaban: b. Bahasa pemrograman yang bersifat cross-platform
47. Manakah dari berikut ini yang merupakan alat bantu dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Sistem operasi
b. IDE
c. Git
d. Database
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
48. Apa yang dimaksud dengan continuous integration dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Proses mengubah kode menjadi aplikasi
b. Pengujian aplikasi secara terus-menerus
c. Penggabungan kode secara otomatis ke dalam repositori
d. Menyimpan aplikasi dalam cloud
e. Semua jawaban benar
Jawaban: c. Penggabungan kode secara otomatis ke dalam repositori
49. Salah satu keuntungan menggunakan framework dalam pengembangan perangkat lunak adalah…
a. Kode dapat ditulis lebih cepat
b. Kode menjadi lebih efisien
c. Proses pengujian lebih mudah
d. Pengembangan lebih terstruktur
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
50. Manakah dari berikut ini yang digunakan untuk mendukung pengembangan aplikasi berbasis web?
a. HTML
b. CSS
c. JavaScript
d. PHP
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e. Semua jawaban benar
Sekian 50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Rekayasa Perangkat Lunak, Semoga Bermanfaat. Baca Juga 50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Desain Komunikasi Visual