50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Produktif Multimedia
50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Produktif Multimedia – Berikut adalah 50 contoh soal pilihan ganda untuk kelas 11 SMK Produktif Multimedia, lengkap dengan jawabannya:
1. Pengertian Multimedia
1. Multimedia adalah kombinasi dari…
a. Teks dan gambar
b. Audio dan video
c. Teks, gambar, audio, video, dan animasi
d. Gambar dan animasi
e. Audio dan teks
Jawaban: c
2. Komponen utama dalam multimedia adalah…
a. Audio dan teks
b. Teks, gambar, dan video
c. Gambar, audio, dan software
d. Teks, gambar, audio, video, dan animasi
e. Perangkat keras dan perangkat lunak
Jawaban: d
3. Berikut ini yang bukan merupakan jenis multimedia adalah…
a. Multimedia linier
b. Multimedia interaktif
c. Multimedia statis
d. Multimedia virtual
e. Multimedia hybrid
Jawaban: c
4. Multimedia linier adalah multimedia yang…
a. Tidak memiliki interaksi pengguna
b. Menggunakan teknologi realitas virtual
c. Bisa berinteraksi dengan pengguna
d. Dapat diakses secara offline
e. Terkoneksi dengan internet
Jawaban: a
5. Contoh perangkat lunak untuk pengolahan multimedia adalah…
a. Microsoft Word
b. Adobe Photoshop
c. Google Chrome
d. File Explorer
e. Notepad
Jawaban: b
6. Software berikut yang digunakan untuk desain grafis adalah…
a. Adobe Illustrator
b. Microsoft Excel
c. CorelDRAW
d. a dan c benar
e. Semua jawaban benar
Jawaban: d
7. Format gambar yang mendukung transparansi adalah…
a. JPEG
b. PNG
c. BMP
d. TIFF
e. SVG
Jawaban: b
8. Layer pada Adobe Photoshop berfungsi untuk…
a. Mengatur efek pada gambar
b. Menyusun elemen desain secara terpisah
c. Mengatur resolusi gambar
d. Meningkatkan kualitas warna
e. Menyimpan file gambar
Jawaban: b
9. Shortcut untuk mengganti mode layer menjadi Multiply pada Photoshop adalah…
a. Ctrl + T
b. Ctrl + Shift + N
c. Alt + Shift + M
d. Alt + Shift + N
e. Ctrl + M
Jawaban: c
10. Teknik masking pada gambar digunakan untuk…
a. Memotong gambar
b. Menggabungkan gambar
c. Menyembunyikan sebagian gambar
d. Meningkatkan resolusi gambar
e. Mengubah warna gambar
Jawaban: c
11. Software yang digunakan untuk editing video adalah…
a. Adobe Premiere Pro
b. Final Cut Pro
c. DaVinci Resolve
d. Semua jawaban benar
e. Tidak ada yang benar
Jawaban: d
12. Format video yang sering digunakan untuk kualitas HD adalah…
a. MP3
b. MP4
c. WAV
d. AVI
e. PNG
Jawaban: b
13. Timeline dalam software editing video berfungsi untuk…
a. Menyimpan efek video
b. Mengatur durasi dan urutan elemen video
c. Mengubah resolusi video
d. Memotong bagian video
e. Menyimpan file video
Jawaban: b
14. Shortcut untuk memotong video pada Adobe Premiere Pro adalah…
a. C
b. V
c. X
d. Z
e. B
Jawaban: a
15. Efek transisi digunakan untuk…
a. Menambah efek suara
b. Menghubungkan dua klip video
c. Mengubah warna klip
d. Menambahkan teks pada video
e. Mempercepat durasi video
Jawaban: b
16. Format file audio yang memiliki kualitas tinggi adalah…
a. MP3
b. WAV
c. AAC
d. MIDI
e. WMA
Jawaban: b
17. Fungsi equalizer pada editing audio adalah…
a. Memotong audio
b. Menyeimbangkan frekuensi suara
c. Menambahkan efek suara
d. Mengubah tempo lagu
e. Meningkatkan volume audio
Jawaban: b
18. Software yang digunakan untuk mengedit audio adalah…
a. Audacity
b. Adobe Audition
c. GarageBand
d. Semua jawaban benar
e. Tidak ada yang benar
Jawaban: d
19. Bitrate pada file audio menentukan…
a. Kualitas dan ukuran file audio
b. Durasi file audio
c. Frekuensi suara
d. Format file audio
e. Efek suara
Jawaban: a
20. Shortcut untuk play/pause pada Audacity adalah…
a. Space
b. Enter
c. Ctrl + P
d. Alt + S
e. Shift + P
Jawaban: a
21. Software untuk membuat animasi 2D adalah…
a. Adobe Animate
b. Blender
c. Toon Boom
d. Semua jawaban benar
e. a dan c benar
Jawaban: e
22. Keyframe pada animasi berfungsi untuk…
a. Menyimpan efek animasi
b. Mengatur posisi elemen animasi pada waktu tertentu
c. Mengatur durasi animasi
d. Menambah teks pada animasi
e. Menghapus frame animasi
Jawaban: b
23. Format animasi yang mendukung interaksi pengguna adalah…
a. GIF
b. SWF
c. MP4
d. MOV
e. JPEG
Jawaban: b
24. Prinsip animasi yang menekankan keluwesan gerakan adalah…
a. Squash and Stretch
b. Staging
c. Timing
d. Anticipation
e. Exaggeration
Jawaban: a
25. Animasi stop motion dibuat dengan…
a. Merekam video langsung
b. Menggabungkan banyak gambar secara berurutan
c. Membuat gambar dengan komputer
d. Menggunakan template animasi
e. Mengedit video
Jawaban: b
26. Unsur utama dalam desain grafis meliputi…
a. Warna, garis, dan tekstur
b. Audio, video, dan teks
c. Gambar, teks, dan animasi
d. Resolusi, frame rate, dan bitrate
e. Efek, transisi, dan mask
Jawaban: a
27. Prinsip desain yang menekankan keseimbangan antara elemen desain disebut…
a. Simetri
b. Proporsi
c. Balance
d. Emphasis
e. Unity
Jawaban: c
28. Skema warna monokromatik menggunakan…
a. Warna-warna pelangi
b. Satu warna dengan berbagai tingkat kecerahan dan gelap
c. Warna-warna kontras
d. Kombinasi warna dingin dan hangat
e. Semua warna primer
Jawaban: b
29. Elemen visual yang digunakan untuk memandu perhatian penonton adalah…
a. Warna
b. Garis
c. Kontras
d. Fokus
e. Teks
Jawaban: b
30. Jenis tipografi yang cocok untuk teks panjang dalam paragraf adalah…
a. Serif
b. Sans-serif
c. Script
d. Display
e. Decorative
Jawaban: a
31. Media interaktif memungkinkan pengguna untuk…
a. Menonton tanpa interaksi
b. Berinteraksi dengan konten secara langsung
c. Merekam video
d. Mengedit foto
e. Mengunduh file
Jawaban: b
32. Software yang sering digunakan untuk membuat media interaktif adalah…
a. Adobe Animate
b. PowerPoint
c. CorelDRAW
d. Blender
e. DaVinci Resolve
Jawaban: a
33. Bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan media interaktif di web adalah…
a. HTML
b. CSS
c. JavaScript
d. Python
e. PHP
Jawaban: c
34. Elemen utama dalam media interaktif adalah…
a. Grafik, teks, dan animasi
b. Kontrol pengguna
c. Efek suara
d. a dan b benar
e. Semua jawaban benar
Jawaban: d
35. Hyperlink pada media interaktif digunakan untuk…
a. Mengatur animasi
b. Menghubungkan halaman atau konten
c. Memutar video
d. Menambah audio
e. Menghapus teks
Jawaban: b
36. Aperture pada kamera menentukan…
a. Kecepatan rana
b. Kedalaman bidang fokus
c. Keseimbangan warna
d. Resolusi gambar
e. Ukuran file
Jawaban: b
37. ISO yang tinggi pada kamera digital akan menghasilkan…
a. Gambar gelap
b. Gambar terang dengan noise lebih tinggi
c. Fokus lebih tajam
d. Warna lebih akurat
e. File lebih kecil
Jawaban: b
38. Komposisi rule of thirds dalam fotografi digunakan untuk…
a. Menyeimbangkan elemen dalam foto
b. Meningkatkan pencahayaan
c. Memotong gambar
d. Menambahkan efek filter
e. Menyimpan file gambar
Jawaban: a
39. Format file RAW pada fotografi digunakan karena…
a. Lebih mudah diunggah ke media sosial
b. Tidak memakan banyak ruang penyimpanan
c. Memberikan fleksibilitas lebih dalam pengeditan
d. Memiliki kualitas lebih rendah dari JPEG
e. Langsung mendukung transparansi
Jawaban: c
40. Shutter speed yang lambat cocok untuk…
a. Mengambil foto dengan gerakan cepat
b. Mengambil foto pemandangan malam dengan cahaya minim
c. Menyeimbangkan warna
d. Mengurangi noise
e. Memperbesar ukuran file
Jawaban: b
41. Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang…
a. Menggunakan layar sentuh untuk interaksi
b. Membuat pengguna merasa berada di lingkungan virtual
c. Menambahkan elemen digital ke dunia nyata
d. Mengedit video dengan efek khusus
e. Mengintegrasikan teks ke dalam animasi
Jawaban: b
42. Augmented Reality (AR) berbeda dengan VR karena…
a. AR menggantikan dunia nyata dengan virtual
b. AR menambahkan elemen digital ke dunia nyata
c. AR hanya bekerja di perangkat desktop
d. AR tidak memerlukan perangkat khusus
e. AR menggunakan grafik 2D saja
Jawaban: b
43. Tren terbaru dalam multimedia mencakup…
a. Artificial Intelligence (AI)
b. Teknologi 360°
c. Streaming real-time
d. Semua jawaban benar
e. Tidak ada jawaban benar
Jawaban: d
44. Teknologi 360° sering digunakan untuk…
a. Membuat infografis
b. Membuat video dengan perspektif penuh
c. Membuat presentasi statis
d. Menyimpan file audio
e. Mengedit gambar
Jawaban: b
45. Interactive storytelling adalah metode multimedia yang…
a. Menggunakan narasi statis
b. Menggabungkan cerita dengan pilihan interaktif
c. Hanya tersedia di platform mobile
d. Membuat video pendek
e. Menggunakan hanya teks dan gambar
Jawaban: b
46. Hak cipta dalam multimedia melindungi…
a. Ide dan konsep
b. Ekspresi ide dalam bentuk nyata
c. Semua yang ada di media sosial
d. File dengan watermark saja
e. Data dalam perangkat keras
Jawaban: b
47. Lisensi Creative Commons digunakan untuk…
a. Menyimpan file
b. Memberikan izin penggunaan konten secara fleksibel
c. Memblokir akses ke konten
d. Menjual konten secara eksklusif
e. Meningkatkan keamanan data
Jawaban: b
48. Langkah untuk melindungi file multimedia dari pembajakan adalah…
a. Menyematkan watermark
b. Menggunakan enkripsi file
c. Mendaftarkan hak cipta
d. Semua jawaban benar
e. Tidak ada jawaban benar
Jawaban: d
49. Enkripsi data dalam multimedia digunakan untuk…
a. Mempercepat pengolahan data
b. Melindungi data dari akses tidak sah
c. Mengurangi ukuran file
d. Meningkatkan kualitas video
e. Menghapus data
Jawaban: b
50. Berbagi file multimedia secara legal dapat dilakukan melalui…
a. Situs bajakan
b. Platform resmi dengan izin
c. Perangkat penyimpanan tanpa lisensi
d. Aplikasi tidak resmi
e. Media sosial tanpa hak cipta
Jawaban: b
Sekian 50 Contoh Soal Kelas 11 SMK Produktif Multimedia, Semoga Bermanfaat. Baca Juga