Contoh Soal

50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Pengembangan Perangkat Lunak

50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Pengembangan Perangkat Lunak
50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Pengembangan Perangkat Lunak

50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Pengembangan Perangkat Lunak – Berikut adalah 50 contoh soal pilihan ganda untuk mata pelajaran Pengembangan Perangkat Lunak Kelas 12 SMK beserta jawabannya:

1. Apa itu perangkat lunak?
a. Sistem perangkat keras
b. Aplikasi yang dijalankan oleh komputer
c. Jaringan komputer
d. Proses untuk menjalankan perangkat keras
e. Semua jawaban benar

Jawaban: b. Aplikasi yang dijalankan oleh komputer

2. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah?
a. Java
b. Python
c. C++
d. PHP
e. Swift

Jawaban: a. Java

3. Manakah di bawah ini yang bukan jenis perangkat lunak?
a. Sistem operasi
b. Aplikasi
c. Perangkat keras
d. Driver
e. Compiler

Jawaban: c. Perangkat keras

4. Apa tujuan utama dari fase analisis dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Menulis kode program
b. Menentukan spesifikasi sistem
c. Memperbaiki bug
d. Menguji perangkat lunak
e. Menyebarkan aplikasi

Jawaban: b. Menentukan spesifikasi sistem

5. Salah satu contoh perangkat lunak untuk pengolahan angka adalah?
a. Microsoft Word
b. Adobe Photoshop
c. Microsoft Excel
d. Microsoft PowerPoint
e. Notepad

Jawaban: c. Microsoft Excel

6. Metode pengembangan perangkat lunak yang melibatkan pengguna dalam setiap tahapnya disebut?
a. Waterfall
b. V-Model
c. Agile
d. Prototyping
e. RAD

Jawaban: c. Agile

7. Apa itu IDE (Integrated Development Environment)?
a. Alat untuk merancang antarmuka pengguna
b. Perangkat keras komputer
c. Perangkat lunak untuk menulis, menguji, dan mendebug kode
d. Proses analisis dan desain sistem
e. Platform pengembangan perangkat lunak berbasis cloud

Jawaban: c. Perangkat lunak untuk menulis, menguji, dan mendebug kode

8. Dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak, fase yang berfokus pada pengujian dan perbaikan adalah?
a. Analisis
b. Desain
c. Pengujian
d. Implementasi
e. Pemeliharaan

Jawaban: c. Pengujian

9. Bahasa pemrograman yang populer untuk pengembangan aplikasi berbasis web adalah?
a. HTML
b. JavaScript
c. Python
d. Ruby
e. Java

Jawaban: b. JavaScript

10. Apa itu debugging dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Proses menulis kode
b. Proses menghapus bug dari program
c. Proses mendistribusikan perangkat lunak
d. Proses mendesain antarmuka
e. Proses merancang database

Jawaban: b. Proses menghapus bug dari program

11. Salah satu contoh perangkat lunak sistem operasi adalah?
a. Photoshop
b. Android
c. MySQL
d. Visual Studio
e. WordPress

Jawaban: b. Android

12. Apa yang dimaksud dengan Software as a Service (SaaS)?
a. Layanan perangkat lunak yang diinstal di perangkat pengguna
b. Layanan perangkat lunak yang berbasis cloud
c. Perangkat keras yang diperlukan untuk menginstal perangkat lunak
d. Platform yang digunakan untuk pengembangan perangkat keras
e. Semua jawaban salah

Jawaban: b. Layanan perangkat lunak yang berbasis cloud

13. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain antarmuka pengguna adalah?
a. Adobe Photoshop
b. Sublime Text
c. Visual Studio
d. Figma
e. Notepad

Jawaban: d. Figma

14. Dalam model pengembangan perangkat lunak Waterfall, tahap yang pertama adalah?
a. Desain
b. Pengujian
c. Implementasi
d. Analisis
e. Pemeliharaan

Jawaban: d. Analisis

15. Proses pengujian perangkat lunak yang dilakukan oleh pengguna untuk memastikan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan disebut?
a. Unit testing
b. Integration testing
c. User Acceptance Testing (UAT)
d. Alpha testing
e. Beta testing

Jawaban: c. User Acceptance Testing (UAT)

16. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS adalah?
a. Java
b. Swift
c. Python
d. C++
e. Kotlin

Jawaban: b. Swift

17. Apa tujuan dari fase desain dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Membuat dokumentasi teknis
b. Membuat aplikasi berjalan lebih cepat
c. Merancang struktur dan antarmuka sistem
d. Menentukan perangkat keras yang dibutuhkan
e. Menguji perangkat lunak

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Kewirausahaan

Jawaban: c. Merancang struktur dan antarmuka sistem

18. Apa itu open-source software?
a. Perangkat lunak yang hanya bisa digunakan oleh pengembang tertentu
b. Perangkat lunak yang bisa diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja
c. Perangkat lunak yang memerlukan biaya lisensi tinggi
d. Perangkat lunak yang hanya tersedia di perangkat keras tertentu
e. Semua jawaban salah

Jawaban: b. Perangkat lunak yang bisa diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja

19. Model pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan komunikasi langsung antara pengembang dan pengguna adalah?
a. Waterfall
b. Spiral
c. Agile
d. V-Model
e. RAD

Jawaban: c. Agile

20. Dalam pengembangan perangkat lunak, pemrograman berbasis objek (OOP) memiliki konsep dasar berupa?
a. Fungsi
b. Kelas dan objek
c. Variabel
d. Algoritma
e. Struktur data

Jawaban: b. Kelas dan objek

21. Fase yang terakhir dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak adalah?
a. Desain
b. Pengujian
c. Implementasi
d. Pemeliharaan
e. Analisis

Jawaban: d. Pemeliharaan

22. Metode pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada pembuatan prototipe sebelum sistem selesai disebut?
a. Agile
b. Waterfall
c. RAD
d. Prototyping
e. V-Model

Jawaban: d. Prototyping

23. Untuk menyimpan data secara terstruktur dalam pengembangan perangkat lunak, kita biasanya menggunakan?
a. File teks
b. Database
c. Cloud storage
d. Cache
e. RAM

Jawaban: b. Database

24. Salah satu tujuan utama dari versi beta dalam pengembangan perangkat lunak adalah?
a. Meluncurkan produk ke pasar
b. Memperbaiki semua bug
c. Mengumpulkan feedback dari pengguna
d. Menentukan harga jual
e. Mempersiapkan peluncuran

Jawaban: c. Mengumpulkan feedback dari pengguna

25. Dalam pengembangan perangkat lunak, dokumentasi teknis digunakan untuk?
a. Menyimpan data pengguna
b. Memberikan petunjuk bagi pengembang lain
c. Membuat antarmuka pengguna
d. Menguji perangkat lunak
e. Menyelesaikan bug

Jawaban: b. Memberikan petunjuk bagi pengembang lain

26. Model pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan perencanaan, analisis, desain, pengujian, dan pemeliharaan disebut?
a. RAD
b. Waterfall
c. Agile
d. Spiral
e. V-Model

Jawaban: b. Waterfall

27. Di bawah ini yang bukan termasuk perangkat lunak aplikasi adalah?
a. Microsoft Word
b. Google Chrome
c. Windows 10
d. Microsoft Excel
e. Adobe Photoshop

Jawaban: c. Windows 10

28. Apa tujuan utama dari sistem manajemen basis data (DBMS)?
a. Menyimpan data dalam bentuk file teks
b. Mengelola data yang ada di dalam database
c. Menyusun laporan
d. Menjalankan aplikasi perangkat lunak
e. Menganalisis data

Jawaban: b. Mengelola data yang ada di dalam database

29. Apa yang dimaksud dengan software testing?
a. Proses menulis kode
b. Proses memperbaiki bug dalam perangkat lunak
c. Proses memverifikasi apakah perangkat lunak bekerja sesuai harapan
d. Proses mendistribusikan perangkat lunak
e. Proses desain antarmuka pengguna

Jawaban: c. Proses memverifikasi apakah perangkat lunak bekerja sesuai harapan

30. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi web dinamis adalah?
a. HTML
b. JavaScript
c. CSS
d. PHP
e. Java

Jawaban: d. PHP

31. Apa tujuan dari fase implementasi dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Menulis kode program
b. Menguji perangkat lunak
c. Mendesain antarmuka pengguna
d. Mendistribusikan perangkat lunak
e. Merancang algoritma

Jawaban: a. Menulis kode program

32. Proses pembuatan aplikasi berbasis web dilakukan di lingkungan yang disebut?
a. IDE
b. Framework
c. Platform
d. Server
e. Cloud

Jawaban: b. Framework

33. Di bawah ini yang merupakan jenis basis data adalah?
a. Relasional
b. File
c. Non-relasional
d. Semua jawaban benar
e. Semua jawaban salah

Jawaban: d. Semua jawaban benar

34. Salah satu keuntungan menggunakan model Agile adalah?
a. Menyelesaikan proyek lebih cepat
b. Fase analisis lebih mendalam
c. Memberikan dokumentasi yang lengkap
d. Menghindari perubahan selama proses
e. Memungkinkan pengujian lebih awal dan sering

Baca Juga:  50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Pengelolaan Sistem Manajemen

Jawaban: e. Memungkinkan pengujian lebih awal dan sering

35. Metode pengembangan perangkat lunak yang menekankan pada dokumentasi dan perencanaan yang sangat rinci adalah?
a. RAD
b. Waterfall
c. Agile
d. Spiral
e. V-Model

Jawaban: b. Waterfall

36. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk perangkat lunak di server web adalah?
a. C++
b. PHP
c. JavaScript
d. Java
e. Python

Jawaban: b. PHP

37. Berikut adalah tahapan dalam pengembangan perangkat lunak dengan model Waterfall, kecuali?
a. Analisis
b. Desain
c. Implementasi
d. Pengujian
e. Pemeliharaan

Jawaban: e. Pemeliharaan

38. Apa peran database dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Menyimpan data pengguna secara terstruktur
b. Menghitung algoritma
c. Menyusun laporan
d. Membuat antarmuka pengguna
e. Membangun server aplikasi

Jawaban: a. Menyimpan data pengguna secara terstruktur

39. Salah satu contoh alat pengujian perangkat lunak otomatis adalah?
a. Selenium
b. Photoshop
c. Visual Studio
d. Notepad
e. Xcode

Jawaban: a. Selenium

40. Dalam pengembangan perangkat lunak, apa yang dimaksud dengan MVP?
a. Model Variabel Pemrograman
b. Minimal Viable Product
c. Model Validasi Pengujian
d. Manajemen Versi Proyek
e. Mesin Visual Pemrograman

Jawaban: b. Minimal Viable Product

41. Tahap mana dalam pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada pengumpulan umpan balik dari pengguna?
a. Desain
b. Implementasi
c. Pengujian
d. Pemeliharaan
e. Analisis

Jawaban: c. Pengujian

42. Apa itu model V-Model dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Model yang berfokus pada prototyping
b. Model yang mengikuti siklus hidup pengembangan perangkat lunak dengan fase paralel
c. Model berbasis cloud
d. Model berbasis desain antarmuka
e. Semua jawaban salah

Jawaban: b. Model yang mengikuti siklus hidup pengembangan perangkat lunak dengan fase paralel

43. Untuk apa digunakan sistem kontrol versi dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Mengontrol hardware perangkat
b. Mengelola perubahan kode
c. Mengurangi biaya produksi
d. Mendistribusikan perangkat lunak
e. Menyimpan data pengujian

Jawaban: b. Mengelola perubahan kode

44. Apa itu UML dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Bahasa pemrograman
b. Alat pengujian otomatis
c. Unified Modeling Language
d. Sistem manajemen database
e. Perangkat keras untuk pengembangan aplikasi

Jawaban: c. Unified Modeling Language

45. Salah satu tools yang digunakan untuk pengujian perangkat lunak adalah?
a. Jenkins
b. Git
c. Node.js
d. MySQL
e. Docker

Jawaban: a. Jenkins

46. Dalam pengembangan perangkat lunak, kode sumber harus disimpan dalam?
a. RAM
b. Hard drive
c. Repository kontrol versi
d. Cloud storage
e. Semua jawaban benar

Jawaban: c. Repository kontrol versi

47. Pengembangan perangkat lunak berbasis cloud disebut?
a. Cloud computing
b. Cloud development
c. Software as a Service
d. Platform as a Service
e. Cloud database

Jawaban: a. Cloud computing

48. Dalam pengembangan perangkat lunak, QA adalah singkatan dari?
a. Quality Assurance
b. Quick Algorithm
c. Query Application
d. Quality Application
e. Quality Algorithm

Jawaban: a. Quality Assurance

49. Metode pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan kecepatan dan perubahan berkelanjutan adalah?
a. Waterfall
b. Agile
c. Spiral
d. V-Model
e. RAD

Jawaban: b. Agile

50. Apa manfaat menggunakan framework dalam pengembangan perangkat lunak?
a. Mempercepat proses pengembangan
b. Meminimalkan kesalahan kode
c. Membantu pengorganisasian proyek
d. Menghemat waktu pengujian
e. Semua jawaban benar

Jawaban: e. Semua jawaban benar

Sekian 50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Pengembangan Perangkat Lunak, Semoga Bermanfaat. Baca Juga 50 Contoh Soal Kelas 12 SMK Desain Aplikasi Mobile

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *